Sabtu, 3 Juli 2010 18:41 WIB News Share :

Amien Rais
Muhammadiyah mantap tak ingin berpolitik


Yogyakarta –
Kemungkinan organisasi Islam Muhammadiyah mendapatkan intervensi politik sangat kecil. Sebagai organisasi Islam tertua, Muhammadiyah tetap mantap dan konsisten pada misinya sebagai organisasi berbasis keagamaan.

“Saya kira, Muhammadiyah akan semakin mantap, karena pengalaman selama satu abad ini telah membuktikan,” kata mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Amien Rais.

Hal itu disampaikan Amien usai menghadiri pembukaan Muktamah 1 Abad Muhammadiyah, di Stadion Mandala Krida, Jl Gayam Yogyakarta, Sabtu (3/7/2007).

Lebih lanjut Amien mengatakan, Muhammadiyah yang umurnya 33 tahun lebih tua dari Republik Indonesia, meyakini bahwa selama ini perjalanan Muhammadiyah tidak sedikit pun terpengaruh dengan perkembangan politik di Indonesia.

“Dari masa penjajah, revolusi, demokrasi parlemen, demokrasi pancasila, orde baru, pengalaman kita sudah ada. Saya tidak melihat sedikit pun, Muhammadiyah mau ke partai politik,” ujar Amien.

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini, tidak menampik memang ada usulan dari beberapa pimpinan wilayah yang ingin agar Muhammadiyah setengahnya diisi oleh anggota DPR.

Amien tak yakin akan jadi apa ke depannya Muhammadiyah apabila sampai organisasi ini masuk ke dalam arena perpolitikan.

“Yang tahu hanya Allah. Maka itu menurut saya rasa asal PAN menghormati Muhammadiyah, jangan mencapur tangani. Karena Muhammadiyah perlu berkembang,” kata dia.

Untuk melanggengkan Muhammadiyah ini sebagai organisasi Islam murni, Amien berharap 5 tahun ke depan Muhammadiyah tetap memperkuat kaderisasi dan mempertajam Litbang mereka. “Dengan litbang yang bagus, Muhammadiyah bisa memotret globalisasi secara cermat, sehingga Muhammadiyah bisa mengantisipasi dan mengelola perubahan,” tutup mantan Ketua MPR ini.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

AGENDA PRESIDEN
Di Kampus Undip Semarang, Jokowi Buka-Bukaan soal Ambisinya…

Agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dimanfaatkannya untuk buka-bukaan soal ambisinya. Solopos.com, SEMARANG — Presiden Joko Widodo mengaku tidak mempermasalahkan jika ada pihak-pihak yang menyebutnya terlalu ambisius, terutama dalam menetapkan target proyek infrastruktur, termasuk pembangunan…