News
Sabtu, 3 Juli 2010 - 18:41 WIB

Amien Rais: Muhammadiyah mantap tak ingin berpolitik

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Yogyakarta –
Kemungkinan organisasi Islam Muhammadiyah mendapatkan intervensi politik sangat kecil. Sebagai organisasi Islam tertua, Muhammadiyah tetap mantap dan konsisten pada misinya sebagai organisasi berbasis keagamaan.

“Saya kira, Muhammadiyah akan semakin mantap, karena pengalaman selama satu abad ini telah membuktikan,” kata mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Amien Rais.

Advertisement

Hal itu disampaikan Amien usai menghadiri pembukaan Muktamah 1 Abad Muhammadiyah, di Stadion Mandala Krida, Jl Gayam Yogyakarta, Sabtu (3/7/2007).

Lebih lanjut Amien mengatakan, Muhammadiyah yang umurnya 33 tahun lebih tua dari Republik Indonesia, meyakini bahwa selama ini perjalanan Muhammadiyah tidak sedikit pun terpengaruh dengan perkembangan politik di Indonesia.

“Dari masa penjajah, revolusi, demokrasi parlemen, demokrasi pancasila, orde baru, pengalaman kita sudah ada. Saya tidak melihat sedikit pun, Muhammadiyah mau ke partai politik,” ujar Amien.

Advertisement

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini, tidak menampik memang ada usulan dari beberapa pimpinan wilayah yang ingin agar Muhammadiyah setengahnya diisi oleh anggota DPR.

Amien tak yakin akan jadi apa ke depannya Muhammadiyah apabila sampai organisasi ini masuk ke dalam arena perpolitikan.

“Yang tahu hanya Allah. Maka itu menurut saya rasa asal PAN menghormati Muhammadiyah, jangan mencapur tangani. Karena Muhammadiyah perlu berkembang,” kata dia.

Advertisement

Untuk melanggengkan Muhammadiyah ini sebagai organisasi Islam murni, Amien berharap 5 tahun ke depan Muhammadiyah tetap memperkuat kaderisasi dan mempertajam Litbang mereka. “Dengan litbang yang bagus, Muhammadiyah bisa memotret globalisasi secara cermat, sehingga Muhammadiyah bisa mengantisipasi dan mengelola perubahan,” tutup mantan Ketua MPR ini.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif