Jumat, 2 Juli 2010 19:55 WIB News Share :

JK nilai sampul babi di Majalah Tempo tak masalah

Yogyakarta–Jusuf Kalla (JK) menilai tidak ada masalah dengan sampul majalah Tempo edisi ‘Rekening Gendut Perwira Polisi’. Namun wajar pula bila jajaran Polri merasa tersinggung lalu mempermasalahkan karikatur polisi gendut yang sedang menarik celengan babi tersebut.

“Gambar itu tidak masalah, biasa sajalah. Tapi polisi mungkin merasa sensitif sekali, ya bagaimana lagi?” kata JK usai penutupan acara World Peace Forum di Hotel Sheraton, Yogyakarta, Jumat (2/7/2010)

Menurut mantan Wapres RI ini, sebenarnya gambar di pada sampul majalah berita tersebut bukanlah suatu masalah besar. Terlebih di dalam tulisannya Tempo mendasarkannya pada data dan sudah ada konfirmasi dari perwira polisi yang dicurigai mempunyai rekening bank bernilai fantastis.

Hanya memang bila sebatas merujuk pada gambar sampul, maka wajar bila jajaran polisi ada yang merasa tersinggung. Terlebih bila di dalam tulisannya Tempo tidak mendasarkannya pada fakta akurat serta tidak dapat mempertanggungjawabkannya.

“Ukuran yang dipakai adalah norma dan etika saja, asal obyektif seharusnya tak jadi masalah. Perlu juga dipertimbangkan perasaan yang lain, boleh saja fakta yang ada lalu diangkat. Silahkan selama itu bisa dipertanggungjawabkan,” papar JK.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT.SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…