Jumat, 2 Juli 2010 12:45 WIB News Share :

BI
Pilkada 2010 habiskan Rp 4,2 Triliun

Jakarta–Bank Indonesia (BI) memperkirakan belanja konsumsi daerah dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan mencapai Rp 4,2 triliun. Hal tersebut akan dimulai di triwulan II-2010.

“Di triwulan II-2010 Pilkada akan dimulai, ada 244 Pilkada di tahun ini. Dan diperkirakan tingkat konsumsi belanja masyarakat akan mencapai Rp 4,2 triliun,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Bank Indonesia, Difi A Johansyah dalam sebuah diskusi di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (2/7).

Difi menjelaskan total belanja tersebut akan dikeluarkan sebagian dari Pemda setempat, Calon Kandidat Kepala Daerah serta masyarakat sendiri. “Setiap Pilkada pasti belanja akan meningkat, antara lain pembelian kaos, pamflet, spanduk-spanduk dan makanan sendiri,” ungkapnya.

Hal ini, lanjut Difi, juga memberikan dampak terhadap kenaikan inflasi di daerah. “Namun perkiraan belanja tersebut hanya sebuah estimasi yang diambil dari Kantor Bank Indonesia di daerah-daerah Pilkada,” tukasnya.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
STAFF SURVEY,MARKETING,SPG,SPB, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…