Kamis, 1 Juli 2010 15:15 WIB Internasional Share :

Petraeus resmi pimpin tentara AS di Afghanistan

Washington–Para anggota Senat AS setuju untuk mengangkat Jenderal David Petraeus untuk memimpin pasukan AS dan NATO di Afghanistan. Patreus pun resmi menggantikan Jenderal Stanley McChrystal yang dipecat Presiden AS Barack Obama atas penghinaan yang dilakukan jenderal itu.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (1/7), Petraeus yang diajukan Obama, mendapat dukungan penuh para Senator Partai Republik dan Demokrat. Dia diharapkan bisa menjadi andalan untuk membantu menjaga keamanan di Afghanistan. Petraeus langsung bertugas, Minggu (4/7) mendatang.

“Jenderal Petraeus akan melakukan apapun untuk membantu kita sukses di Afghanistan. Ini bukan waktunya berdebat soal strategi,” kata Senator John McCain dari Partai Republik.

Obama menyambut gembira persetujuan Senat terhadap Petraeus. “Ini akan membantu memastikan kita tidak kehilangan momen dalam strategi kita untuk menggebrak Taliban dan membangun Afghanistan,” kata Obama.

Inggris sebagai sekutu AS, juga memberikan dukungan kepada Petraeus. Namun hal itu bukan berarti masalah selesai. Kanada, Belanda dan Polandia sudah mengumumkan rencana untuk menarik pasukan.

Selain itu, masalah korupsi semakin merajalela dalam pemerintahan di Afghanistan. DPR AS memutuskan untuk menahan bantuan US$ 3,9 miliar atau hampir Rp 39 triliun, agar tidak ludes dikorupsi.

dtc/ tiw

lowongan peekrjaan
PT. Integra Karya Sentosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…