News
Kamis, 1 Juli 2010 - 15:15 WIB

Petraeus resmi pimpin tentara AS di Afghanistan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Washington–Para anggota Senat AS setuju untuk mengangkat Jenderal David Petraeus untuk memimpin pasukan AS dan NATO di Afghanistan. Patreus pun resmi menggantikan Jenderal Stanley McChrystal yang dipecat Presiden AS Barack Obama atas penghinaan yang dilakukan jenderal itu.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (1/7), Petraeus yang diajukan Obama, mendapat dukungan penuh para Senator Partai Republik dan Demokrat. Dia diharapkan bisa menjadi andalan untuk membantu menjaga keamanan di Afghanistan. Petraeus langsung bertugas, Minggu (4/7) mendatang.

Advertisement

“Jenderal Petraeus akan melakukan apapun untuk membantu kita sukses di Afghanistan. Ini bukan waktunya berdebat soal strategi,” kata Senator John McCain dari Partai Republik.

Obama menyambut gembira persetujuan Senat terhadap Petraeus. “Ini akan membantu memastikan kita tidak kehilangan momen dalam strategi kita untuk menggebrak Taliban dan membangun Afghanistan,” kata Obama.

Inggris sebagai sekutu AS, juga memberikan dukungan kepada Petraeus. Namun hal itu bukan berarti masalah selesai. Kanada, Belanda dan Polandia sudah mengumumkan rencana untuk menarik pasukan.

Advertisement

Selain itu, masalah korupsi semakin merajalela dalam pemerintahan di Afghanistan. DPR AS memutuskan untuk menahan bantuan US$ 3,9 miliar atau hampir Rp 39 triliun, agar tidak ludes dikorupsi.

dtc/ tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Petraeus
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif