Kamis, 1 Juli 2010 20:08 WIB Ekonomi Share :

Minim penumpang, operasional Banyubiru dikurangi

Solo (Espos)–Operasional Kereta api (KA) Banyubiru atau yang sekarang dikenal dengan Joglosemar bakal dikurangi menyusul sepinya penumpang. Dalam sehari, KA Banyubiru hanya akan beropersi satu kali mulai Kamis (1/7).

Perjalanan kereta api ini yang sebelumnya hanya relasi Semarang-Solo Balapan PP, untuk selanjutnya diteruskan sampai stasiun Yogyakarta. Di mana, untuk lintas Semarang-Yogyakarta, Banyubiru akan berangkat dari Solo Balapan pukul 09.20 WIB. Semetara, untuk lintas sebaliknya, yakni Yogyarkarta-Semarang akan berangkat dari Solo Balapan pada pukul 16.05 WIB.

Pejabat Humas PT KA Indonesia Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, kepada Espos kemarin menyampaikan okupansi Banyubiru dari Yogyakarta maupun Solo memang masih sangat minim. Rata-rata, Yogyakarta-Solo hanya 30 hingga 50 penumpang per hari. Sementara, untuk Solo-Semarang hanya berkisar belasan penumpang per hari.

“Selain itu, kereta ini juga sering mengalami keterlambatan kedatangan dan keberangkatan. Di mana, waktu tempuh mulai dari Semarang-Solo-Yogyakarta juga terlalu lama. Maka, untuk efisiensi, Banyubiru sekarang dioperasikan sekali dalam satu hari.”

haw

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…