Kamis, 1 Juli 2010 14:20 WIB Sepak Bola Share :

Latin paling dominan

JOHANNESBURG–Tinggal delapan tim yang masih bertahan di putaran final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Sejauh ini, tim-tim dari Amerika Latin paling dominan, bahkan tidak tertutup kemungkinan wakil-wakil mereka bakal berkumpul di babak semifinal.

Dari lima negara Amerika Selatan yang lolos ke Piala Dunia 2010, termasuk Uruguay yang masuk dari jalur playoff melawan tim peringkat ketiga CONCACAF, Kosta Rika, semuanya lolos dari fase grup.

Brazil, Uruguay, Paraguay dan Argentina bahkan menjadi juara di grupnya masing-masing. Pengecualian berlaku pada Cile yang menjadi runner up di Grup H, cuma kalah selisih gol dari juara Eropa 2008, Spanyol.

Cile juga merupakan tim Latin yang paling tidak beruntung karena di babak 16 besar bertemu tetangganya yang notabene juara dunia lima kali, Brazil. Cile pun menyerah 0-3. Sedangkan Uruguay, Paraguay dan Argentina berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan melaju ke perempat final.

Benua Eropa hanya tinggal bersandar pada Spanyol, Jerman dan Belanda, yang lolos ke babak delapan besar setelah menyingkirkan tiga tim sebenua yakni Portugal, Inggris dan Slovakia. Satu perempatfinalis lain, Ghana, menjadi satu-satunya negara wakil Afrika.

Jika Uruguay mampu mengalahkan Ghana, Diego Forlan dkk bakal bertemu Brazil apabila berhasil mengatasi Belanda. Di jalur lain, semisal Argentina sanggup melewati Jerman dan Paraguay bisa menjungkalkan Spanyol, skenario di atas menjadi keniscayaan. Piala Dunia kali ini menjadi milik Amerika Latin.

JIBI/SOLOPOS/dtc

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…