News
Kamis, 1 Juli 2010 - 07:14 WIB

HUT Bhayangkara, Kompolnas berharap Polri lebih terbuka

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-64 kepada Polri. Beberapa catatan harapan dan apresiasi pun disampaikan Kompolnas untuk Polri.

“Kompolnas berharap agar Polri lebih terbuka,” ujar anggota Kompolnas Adnan Pandu Raja, Kamis (1/7).

Advertisement

Adnan menjelaskan, sifat terbuka Polri masih dirasa kurang oleh Kompolnas. Meski di beberapa kasus, Polri telah menempatkan Kompolnas untuk duduk bersama ikut mencari solusi.

Era keterbukaan, kata Adnan, sudah menjadi keniscayaan bagi Polri. Terlebih, Kompolnas sebagai pembantu presiden berwenang memberikan pertimbangan untuk menentukan arah kebijakan Polri.

“Kita harapkan mulai membuka diri. KY sendiri sudah mulai diberikan ruang oleh MA untuk memeriksa
hakim dalam rangka membangun akses akuntabilitas publik atau mengindari jeruk makan jeruk maka hal itu sudah harusnya dilakukan,” jelasnya.

Advertisement

Beberapa catatan penting disampaikan Adnan terkait sikap Polri yang masih belum kooperatif. Salah satunya sikap Polri yang mengajukan Perpres soal pengajuan nama-nama calon Kapolri. Meski draft Perpres tersebut kini masih dibahas oleh pemerintah untuk disahkan. Namun, masalahnya Kompolnas menilai Perpres itu telah melangkahi tugas dan wewenang Kompolnas sebagai pembantu Presiden.

“Itu kan cenderung tidak menghargai Kompolnas. Kita sebagai pembantu presiden tentu tidak ingin hal ini terjadi,” jelasnya.

Dengan catatan di atas, Adnan pun tidak ingin menilai buruk semua kinerja polisi. Di bagian lain, ia mengapresiasi langkah Polri yang mulai akuntabel mengelola keuangannya.

Advertisement

“Hasil audit BPK yang menyatakan wajar tanpa pengecualian kita patut mengapresiasi. Itu sangat positif,” tandasnya.

dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Hut Polisi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif