Kamis, 1 Juli 2010 14:53 WIB Sepak Bola Share :

El Guaje memang komplet

Bagi banyak orang, David Villa boleh saja disebut seorang penyerang haus gol. Tapi, di mata pelatih Vicente Del Bosque, Villa ternyata lebih dari itu. Bagi pelatih Timnas Spanyol itu, El Guaje, julukan Villa, adalah pemain komplet.

Villa tampil sebagai pahlawan Tim Matador kala gol tunggalnya mengoyak jala Eduardo, kiper Portugal. Tim Matador pun menaklukkan lawan 1-0 dan berhak melaju ke babak perempat final.
Gol ke gawang Portugal membawa Villa, bersama Gonzalo Higuain dan Robert Vittek, memuncaki daftar topskor sementara dengan empat gol. Ia pun menyamai catatan Telmo Zarra, pemain pertama asal Spanyol yang berhasil mencetak gol dalam tiga laga berturut-turut di Piala Dunia.

Sederet catatan di atas belum cukup untuk menggabarkan penyerang yang musim depan merumput bersama Barcelona ini. Del Bosque memberikan gambaran lain. “Gol yang dicetak David memang membawa kami melaju, tapi saya bisa memberikan contoh lain kerja kerasnya,” ujarnya di ESPN Star.

“Dia juga berkontribusi untuk hal lain, sebagai contoh bertahan. Itu jelas sangat penting. Ada tiga area yang harus didominasi sebuah tim untuk menang. Kami menguasai bola, menjaga kedalaman dan bertahan dengan solid,” tukasnya.

Ketika Fernando Llorente masuk di babak kedua untuk menggantikan Fernando Torres, posisi Villa pun sedikit mundur. Ia tak lagi murni bermain sebagai penyerang, melainkan banyak melakukan tusukan dari sisi sayap kiri. Singkatnya, Villa tak hanya bomber subur, dia juga seorang team player.

Seperti dikutip dari situs resmi FIFA, Villa berhasil menyamai catatan Telmo Zarra (di Piala Dunia 1950). Namun urusan jumlah gol (dari tiga partai berturut-turut), Villa mengungguli Zara.
“Gol itu merupakan salah satu gol terbaik yang pernah saya bukukan, karena bisa membawa kami melaju,” tukas Villa seperti dikutip dari Associated Press.

Villa sudah berhasil menyamai rekor La Furia Roja 60 tahun silam. Kini, menjadi tugas Villa dan juga penggawa Spanyol lainnya untuk minimal menyamai catatan terbaik Negeri Matador, yakni tempat keempat di Brazil 1950.

Nama lengkap: David Villa Sánchez
Nama panggilan: Guaje
Tanggal lahir: 2 Des 1981
Tempat lahir: Langreo
Warga negara: Spanyol
Tinggi badan: 175 cm
Berat badan: 69 kg
Posisi: Striker
Nomor punggung: 7
Klub: Barcelona

JIBI/SOLOPOS/dtc

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…