Rabu, 30 Juni 2010 10:09 WIB News Share :

Uang negara Rp 506 M disimpan di rekening pejabat Kemenkes

Jakarta–Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan rekening ratusan miliar yang disimpan di rekening sejumlah pejabat Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Data tersebut berdasarkan hasil audit anggaran 2009.

“Dana Rp 506 miliar itu disimpan atas nama pribadi dan pihak-pihak lain,” kata anggota BPK, Rizal Djalil di Jakarta, Rabu (30/6)).

Rizal menjelaskan, rekening tersebut bisa dikatakan sebagai rekening Liar, karena uang senilai Rp 506 miliar itu digunakan diluar mekanisme APBN. “Dana tersebut berasal dari hibah tersimpan dalam 24 rekening yang tidak pernah disetujui oleh menteri keuangan selaku bendahara negara,” jelas Rizal.

Dia menegaskan, rekening tersebut merupakan bagian aset yang bermasalah
berdasarkan tata kelola keuangan negara yang di atur dalam UU No 17 tahun 2003. “Silakan penegak hukum melakukan penelusuran,” tutupnya.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…