News
Rabu, 30 Juni 2010 - 13:59 WIB

Penyebab kematian Ratu Cleopatra mulai terkuak

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Trier–Penyebab kematian Ratu Cleopatra mulai terungkap. Bukan gigitan ular kobra seperti yang diyakini selama ini, melainkan ramuan obat yang memungkinkannya tewas dalam keadaan masih cantik.

Ratu yang menguasai Mesir kuno antara tahun 51-30 SM tersebut memang terkenal akan kecantikannya. Sayang, di usia ke-39 tahun ia mati bunuh diri dengan sangat tragis menyusul kematian Mark Antonius kekasihnya, yang merupakan panglima perang kerajaan Roma.

Advertisement

Sebuah penelitian di Jerman baru-baru ini membantah bahwa penyebab kematian sang ratu adalah gigitan ular kobra. Dari bukti-bukti yang terkumpul, Cleopatra menggunakan ramuan yang sangat mematikan.

Ramuan tersebut terdiri dari opium, racun hemlock dan aconitum. Pada masa itu, ramuan ketiga racun tersebut cukup terkenal karena mampu membunuh dalam waktu singkat tanpa menyebabkan rasa sakit.

“Cleopatra ingin tetap kelihatan cantik saat mati, untuk menjaga mitos kecantikannya,” ungkap Christoph Schaefer seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (30/6).

Advertisement

Menurut Schaefer yang merupakan profesor sejarah di University of Trier, tujuan tersebut tidak akan tercapai dengan gigitan ular. Kematian akibat bisa ular sangat menyiksa, dan kemungkinan dapat memudarkan kecantikan Cleopatra.

Kesimpulan yang disampaikan Schaefer bukan mengada-ada. Untuk mengungkap hal itu, ia telah berkelana ke Alexandria untuk berkonsultasi dengan para pakar ular serta ahli pengobatan kuno.

dtc/ tiw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Cleopatra
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif