Rabu, 30 Juni 2010 19:33 WIB News Share :

Mabes Polri layangkan surat teguran ke majalah Tempo

Jakarta–Mabes Polri sudah melayangkan surat teguran ke Majalah Tempo terkait gambar sampul dan isi berita edisi ‘Rekening Gendut Perwira Polisi’. Kasus tersebut juga sudah Mabes Polri adukan kepada Dewan Pers.

“Teguran ke Tempo sepertinya sudah tadi pagi,” ungkap Kabid Penum Mabes Polri Kombes Pol Marwoto di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Rabu (30/6).

Dijealaskannya terguran tersebut merupakan langkah awal proses pengajuan gugatan hukum. Hanya sebelum sampai ke tahap itu, terlebih dahulu diadakan pertemuan antara pihak Mabes Polri dan Majalah Tempo dengan mediasi Dewan Pers.

“Sudah kita adukan ke Dewan Pers terkait Tempo dan sampulnya. Kita tidak senang, tidak ada polisi yang tarik-tarik babi,” sambung Marwoto.

Menurutnya institusi Polri merasa terganggu dengan isi berita dan gambar sampul Tempo edisi ‘Rekening Gendut Perwira Polisi’. Terksesan bahwa seluruh anggota Polri bermasalah padahal kasus rekening mencurigakan itu hanya menimpa beberapa orang saja.

“Padahal cuma beberapa orang saja (punya rekening mencurigakan), bukan institusi,” ujarnya.

Dia mengakui Mabes Polri melayangkan teguran dan pengaduan tanpa melalui mekanisme hak jawab terlebih dahulu. Alasannya kasus ini bukan kali pertama Tempo membuat pemberitaan yang mengusik Mabes Polri.

“Itu sudah dua kali, pertama soal berita ‘Kapolri Ada Main-main Di Pusaran Tambang Batu Bara’. Itu juga sudah dibuat surat tegurannya,” papar Marwoto.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…