News
Rabu, 30 Juni 2010 - 19:33 WIB

Mabes Polri layangkan surat teguran ke majalah Tempo

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Mabes Polri sudah melayangkan surat teguran ke Majalah Tempo terkait gambar sampul dan isi berita edisi ‘Rekening Gendut Perwira Polisi’. Kasus tersebut juga sudah Mabes Polri adukan kepada Dewan Pers.

“Teguran ke Tempo sepertinya sudah tadi pagi,” ungkap Kabid Penum Mabes Polri Kombes Pol Marwoto di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Rabu (30/6).

Advertisement

Dijealaskannya terguran tersebut merupakan langkah awal proses pengajuan gugatan hukum. Hanya sebelum sampai ke tahap itu, terlebih dahulu diadakan pertemuan antara pihak Mabes Polri dan Majalah Tempo dengan mediasi Dewan Pers.

“Sudah kita adukan ke Dewan Pers terkait Tempo dan sampulnya. Kita tidak senang, tidak ada polisi yang tarik-tarik babi,” sambung Marwoto.

Menurutnya institusi Polri merasa terganggu dengan isi berita dan gambar sampul Tempo edisi ‘Rekening Gendut Perwira Polisi’. Terksesan bahwa seluruh anggota Polri bermasalah padahal kasus rekening mencurigakan itu hanya menimpa beberapa orang saja.

Advertisement

“Padahal cuma beberapa orang saja (punya rekening mencurigakan), bukan institusi,” ujarnya.

Dia mengakui Mabes Polri melayangkan teguran dan pengaduan tanpa melalui mekanisme hak jawab terlebih dahulu. Alasannya kasus ini bukan kali pertama Tempo membuat pemberitaan yang mengusik Mabes Polri.

“Itu sudah dua kali, pertama soal berita ‘Kapolri Ada Main-main Di Pusaran Tambang Batu Bara’. Itu juga sudah dibuat surat tegurannya,” papar Marwoto.

dtc/isw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif