Rabu, 30 Juni 2010 14:23 WIB Sepak Bola Share :

Arjen Robben, Penantian tak sia-sia...

Debut pertama Arjen Robben sebagai starter di perdelapan final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, dijawab dengan sebuah gol yang memukau saat De Oranje Belanda berhasil mengatasi Slowakia 2-1 di Stadion Moses Mabhida, Durban, Senin (28/6) malam.

Mencetak gol pembuka bagi Tim Oranje sekaligus terpilih sebagai Man of The Match, membuktikan penantian pelatih Bert van Marwijk terhadap dirinya bukanlah sebuah penantian yang sia-sia.

Bahkan, pelatih Slowakia Vladimir Weiss menyebut Robben pemain yang jenius dan menjadi hampir separuh dari kekuatan skuat Belanda. Marwijk memang sempat bersikukuh tidak akan menggantikan pemain Bayern Munich itu, dan memilih menunggunya hingga pulih dari cedera.

Robben mengalami cedera hamstring kala Belanda menghadapi Hungaria di laga persahabatan, 5 Juni 2009. Ia bergabung dengan skuat Belanda di Afrika Selatan sepekan setelah mendapatkan cedera.

Namun, karena belum pulih benar, Robben sempat diragukan bisa tampil di Afrika Selatan. Robben pun membuktikan kegigihannya. Ia akhirnya kembali merumput ketika laga melawan Kamerun, Jumat (25/6), menggantikan Rafael van der Vaart di menit ke-73.

Hanya butuh waktu 10 menit bagi The Flying Dutchman untuk menunjukkan ketajamannya. Pemain spesialis kaki kiri tersebut mengkreasi lahirnya gol Klas Jan-Huntelaar, sekaligus mengantarkan kemenangan De Oranje.

Namun, sayap Bayern Munich ini tetap merasa dirinya belum menunjukkan performa terbaik. Robben merasa belum 100% maksimal dengan permainannya. “Yang paling penting bagi saya adalah bermain di laga pertama saya. Hari ini saya merasa baik, mungkin belum 100 persen, tapi saya rasa saya baik,” ujarnya seperti dikutip Reuters, Selasa (29/6).

Arjen Robben masuk skuat Timnas Belanda sejak 2003. Ia memulai debut pertamanya di ajang Piala Dunia 2006 Jerman. Saat itu, Robben terpilih sebagai satu dari delapan pemain yang dipilih menjadi Man of The Match lebih dari satu kali, tepatnya dalam laga kontra Serbia dan Pantai Gading.

Di kompetisi Eropa, Robben tercatat sebagai pemain yang pernah merasakan trofi juara liga di empat negara bersama empat klub berbeda: Eredivisie (Liga Belanda) bersama PSV Eindhoven (2003), Premiere League bersama Chelsea (2005), La Liga bersama Real Madrid (2007) dan Bundesliga bersama Bayern Munich (2010).

Di Bundesliga, bersama Bayern Munich dia total membukukan 23 gol dari total 37 pertandingan. Dengan majunya Singa Oranje ke perempat final, peluang sayap berusia 26 tahun ini untuk tetap unjuk gigi semakin panjang.

Bukan tidak mungkin Arjen Robben bakal menambah koleksi pundi-pundi golnya, walaupun di gelaran Piala Dunia 2010 Afrika Selatan ini Robben memang tidak terlalu produktif dibandingkan dengan Wesley Sneijder atau Dirk Kuyt.

Nama: Arjen Robben
Tempat lahir: Bedum
Tanggal lahir: 22 Januari 1984
Tinggi badan: 183 cm
Posisi: Striker
Nomor punggung: 11
Klub: Bayern Munich

JIBI/SOLOPOS/dtc

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…