Rabu, 30 Juni 2010 19:50 WIB Pendidikan Share :

Akreditasi perguruan tinggi cenderung merosot


Solo (Espos)–
Penerapan peraturan badan akreditasi nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang demikian rinci dan detail membuat sejumlah perguruan tinggi mengalami kecenderungan menurun nilai akreditasi.

Hal tersebut diungkapkan Assesor BAN PT, Prof Dr Khudzaifah Dimyati. Dia mengatakan, meskipun sosialisasi terkait dengan petunjuk pelaksanaan peraturan akreditasi dilakukan sejak tahun 2008 lalu, namun sejumlah perguruan tinggi belum mempersiapkan dokumen penting yang dibutuhkan dalam proses pelaksanaan penilaian.

“Untuk mempersiapkan berkas paling tidak membutuhkan waktu satu hingga dua tahun, jika sejumlah data itu tidak dapat disajikan maka asesor pun memberikan nilai nol,” jelas dia ketika dijumpai di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu (30/6).

Dia mengatakan, selain faktor persiapan dokumen maupun berkas pengajuan akreditasi, minimnya sumber daya manusia yang kompeten di masing perguruan tinggi membuat pelaksanaan kegiatan pembelajaran tidak optimal. Menurutnya, dibanding dengan proses penilaian akreditasi sebelumnya, rincian data yang disusun lebih detail dan setiap kegiatan yang diselenggarakan harus ada bukti dokumentasinya.

das

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…