Selasa, 29 Juni 2010 19:42 WIB Internasional Share :

Gelar pertemuan bilateral, RI-Turki tanda tangani 8 MoU dan Agreement

Ankara –– Pemerintah RI dan Turki bersepakat meningkatkan hubungan bilateral. Sebagai realisasinya, kedua negara menandatangani 8 MoU dan agreement. Penandatanganan MoU dan agreement ini disaksikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Turki Abdullah Gul.

Penandatanganan MoU dan agreement ini dilakukan kedua pemerintah di Istana Presiden Turki, Cangkaya, Ankara, Turki, Selasa (29/6) sekitar pukul 13.30 waktu Ankara atau 17.30 WIB. Setelah penandatanganan MoU dan agreement, SBY dan Abdullah Gul menyampaikan pidato terkait kerja sama ini.

Kedelapan MoU dan agreemen itu adalah sebagai berikut:

1. MoU  di bidang kerja sama teknik yang ditandatangani Menlu Marty Natalegawa dengan Menteri Perindustrian Turki.
2. Agreement di bidang industri pertahanan yang ditandatangani oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Menhan Turki.
3. MoU di bidang kerjasama Industri Kecil Menengah (IKM) yang ditandatangani Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Menteri Perindustrian Turki.
4. Agreement di bidang Transportasi Laut yang ditandatangani Menhub Freddy Numberi dan Menhub Turki.
5. MoU bidang pengembangan tenaga kerja yang ditandatangani Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dan Menteri Tenaga Kerja Turki.
6. Agreement pertukaran program budaya dan pariwisata yang ditandatangani Mendbudpar Jero Wacik dan Menteri Kebudayaan Turki.
7. MoU di bidang investasi yang ditandatangani Kepala BKPM Gita Wirjawan dan Kepala Badan Investasi Turki.
8. MoU di bidang televisi antara TVRI dengan RTR Turki, yang ditandatangani Direktur Pemberitaan TVRI Yon Anwar dan Direktur RTR Turki.

Sebelum penandatanganan MoU dilakukan, Presiden SBY dan jajaran menteri melakukan pertemuan bilateral bersama Presiden Turki Abdullah Gul dan jajarannya di Istana Presiden yang asri. Sebelum pertemuan, saat tiba di Istana, SBY disambut Abdullah Gul dengan upacara kenegaraan.

Ziarah ke makam Kemal Attaturk

Sebagaimana lazimnya kunjungan kenegaraan, Presiden SBY juga melakukan ziarah ke Antikabir Mauseolum, taman makam pahlawan Turki. Di makam ini, tokoh Turki Kemal Attaturk dimakamkan.

Di makam tersebut, SBY melalui upacara militer, menaruh karangan bunga. Setelah itu, Presiden SBY beserta sejumlah pejabat melihat-lihat bagian dalam makam. Ziarah makam selesai, Presiden SBY langsung menuju Istana Presiden untuk melakukan pertemuan bilateral.

dtc/tya

lowongan peekrjaan
PT. Integra Karya Sentosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…