Soloraya
Jumat, 25 Juni 2010 - 17:21 WIB

Basmi wereng, Pemkab siapkan Rp 1,8 miliar

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Pemkab Klaten mengajukan alokasi anggaran senilai sekitar Rp 1,8 miliar untuk upaya penanganan hama wereng cokelat. Ajuan tersebut kini tengah digodok bersama DPRD setempat dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Perubahan 2010.

Bupati Klaten, Sunarna, baru-baru ini mengatakan, dana sebesar itu akan digunakan untuk pelatihan pengelolaan tanaman terpadu serta pengendalian hama tanaman. Menurutnya, serangan wereng yang kini sudah merambah 18 kecamatan perlu ditanggulangi oleh semua pihak agar tak semakin meluas. “Pengguliran bantuan rencananya lewat kelompok tani,” jelasnya di Klaten.

Advertisement

Bupati menekankan, bantuan itu bukan ganti rugi atas lahan petani yang beberapa musim waktu terakhir terserang wereng, namun merupakan stimulan untuk mengendalikan wereng. Sebelumnya, kata dia, juga digulirkan bantuan Rp 375 juta untuk keperluan serupa. Dikatakan olehnya, penyemprotan massal juga terus digalakkan di lahan pertanian yang terlanjur ditanami padi oleh petani.

rei

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif