Soloraya
Jumat, 4 Juni 2010 - 14:37 WIB

UN ulang 16 siswa SMA/MA diduga bermasalah

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Hasil Ujian Nasional (UN) Ulang 16 siswa SMA/MA di Kabupaten Karanganyar yang dinyatakan tidak lulus dicurigai bermasalah. Hal itu karena nilai ujian mata pelajaran (Mapel) yang diikuti mereka sama persis dengan hasil UN utama.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karanganyar, Sugiyarto, kepada wartawan menyebutkan secara keseluruhan hasil UN yang bermasalah semula sebanyak 186 siswa. Namun setelah dikonfirmasikan ke Dinas Pendidikan Jateng, hasil UN 170 siswa lainnya yang dipastikan mengalami kekeliruan telah direvisi.

Advertisement

“Kasus hasil UN ulang sama persis dengan UN utama sebenarnya terjadi pada 94 siswa. Selain itu hasil ujian 92 siswa tidak muncul nama dan nilai Mapel yang diikuti. Tetapi setelah diklarifikasi, tinggal 16 siswa yang hasilnya UN-nya tetap identik,” ungkapnya di Kantor Disdikpora, Jumat (4/6).

Sugiyarto mengatakan, Disdikpora Kabupaten Karanganyar akan kembali mengklarifikasi hasil UN ulang ke-16 siswa SMA/MA itu guna mengetahui kepastian masalah tersebut. Upaya itu dipandang perlu mengingat kasus serupa yang menimpa 94 siswa dan sebagian besar akhirnya dinyatakan lulus.

Pada bagian lain Kepala Bidang Dikmen menyampaikan, dari 817 siswa SMA/MA/SMK peserta UN ulang di Karanganyar, sebanyak 788 di antaranya dipastikan berhasil meraih kelulusan. Angka kelulusan masih dimungkinkan untuk bertambah karena dari 29 siswa yang saat ini dinyatakan tidak lulus, 16 siswa masih harus menunggu hasil konfirmasi ulang ke Dinas Pendidikan Jateng.

Advertisement

try

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif