News
Senin, 31 Mei 2010 - 12:36 WIB

Laju inflasi Mei stabil

Redaksi Solopos.com  /  Hijriyah Al Wakhidah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Laju inflasi bulan Mei di Kota Solo relatif stabil dibandingkan inflasi April 2010 yang tercatat sebesar 0,19% (mounth to mounth).

Perkiraan terjadinya inflasi didasarkan pada kecenderungan meningkatnya harga beberapa komoditas bahan makanan, namun tidak setinggi kenaikan pada bulan sebelumnya. Komoditas tersebut meliputi beras, daging ayam ras, cabai merah, cabai rawit, buncis, cabai hijau, kacang panjang, terong panjang, wortel, daging kambing dan alpukat.

Advertisement

Selain itu, kenaikan juga terjadi pada komoditas rokok, obat-obatan, perlengkapan rumah tangga, kayu lapis, emas dan bensin pertamax. “Kenaikan harga beras diperkirakan karena mulai berkurangnya pasokan di pasar, terutama pada pekan pertama dan kedua bulan Mei terkait dengan berakhirnya masa panen awal tahun,” tutur Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo, Dewi Setyowati.

Namun, lanjutnya, pasokan beras diperkirakan kembali meningkat pada Juni 2010 sehubungan dengan masa panen gadu atau kemarau. “Sementara itu, prediksi stabilnya laju inflasi Mei 2010 juga didukung menurunnya sejumlah komoditas, di antaranya minyak goreng, telur ayam ras, gula pasir, tepung terigu, bawang merah, deterjen, susu, bawal, bawang putih, labu siam, sawi hijau, tomat sayur, sandang dan beberapa bahan bangunan.”

Sedangkan komoditas yang harganya stabil di antaranya, kedelai, tempe, tahu, daging sapi, semen dan minyak tanah.

haw/*

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Laju Inflasi Mei
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif