Senin, 31 Mei 2010 20:17 WIB Sukoharjo Share :

Pencurian sepeda motor marak, warga diminta waspada

Sukoharjo (Espos)--Aksi pencurian kendaraan bermotor di wilayah Kartasura sepanjang tahun 2010 semakin marak. Sasaran pencurian yang paling banyak terjadi selama ini merupakan sepeda motor yang tengah diparkir kampus serta kos-kosan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Mengacu data yang dirilis Polsek Kartasura, hingga bulan kelima terhitung puluhan sepeda motor raib dicuri. Hampir 95 persen korban merupakan warga UMS.

Kapolsek Kartasura AKP Wahyu Broto menyatakan, untuk menekan tingginya kasus pencurian sepeda motor, pihaknya mengaku terus meningkatkan patroli.

“Kasus pencurian sepeda motor di wilayah Kartasura cukup tinggi, makanya kami minta pemilik motor lebih waspada dan hati-hati, kasus terakhir terjadi tiga hari lalu, sejauh ini antisipasinya Patroli keliling jalan terus,” ujarnya kepada Espos, Senin (31/5) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hampir sebagian besar kasus pencurian motor yang ada di wilayah Kartasura terjadi di kawasan UMS seperti Gonilan, Pabelan dan Makamhaji. Selain meningkatkan kewaspadaan, kasuspencurian juga dapat diantisipasi jika pemilik kendaraan bermotor menggunakan gembok pengaman yang dipasang di bagian cakram motor. Apalagi, katanya, modus pencurian motor yang umumnya menggunakan kunci T membutuhkan waktu hanya sekitar 10 detik, sehingga pemakaian gembok dinilai cukup efektif untuk menekan kasus tersebut.

“Kami sudah mulai mensosialisasikan pemasangan gembok kepada warga khususnya para mahasiswa. Ada yang merespon baik tapi dan juga yang kurang merespons, walau begitu kami akan tetap mensosialisasikan hal itu di acara kampus maupun kos-kosan,” katanya.

Penggunaaan gembok, sejauh ini, katanya sudah mulai diterapkan di sejumlah tempat di Kartasura seperti rental PS dan Warnet.

Terkait, keberhasilan Polsek Kartsura dalam pengungkapan kasus Curanmor, telah mencapai sekitar 40 persen. Hal itu lantaran umumnya kendaraan yang berhasil dicuri langsung dibongkar dan dipreteli sehingga menyulitkan pengungkapan kasus.

“Kadang, meskipun motor sudah dipreteli langsung dibuang ke tempat jauh, tapi kami akan terus berusaha mengungkap kasus yang ada,” katanya.

ufi

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…