Senin, 31 Mei 2010 15:39 WIB Pendidikan Share :

MUI Solo
Pelajar lebih rentan tergiur rokok!

Solo (Espos)–Pihak sekolah tingkat dasar dan menengah Kota Solo diimbau untuk mengawasi dan memberikan pengetahuan sejak dini mengenai akibat buruk rokok bagi kesehatan. Terlebih pada siswa yang menginjak usia remaja, mereka lebih rentan mengkonsumsi rokok.

Menurut Ketua Majelis Ulama Islam (MUI) Kota Solo, Prof Dr dr Zainal Arifin Adnan, SpPD KR Finasim, kecenderungan usia remaja mengkonsumsi rokok semakin tahun semakin bertambah hal tersebut lantaran didukung oleh beberapa aspek yang masih bebas, di antaranya belum ditegaskannya larangan bebas rokok di beberapa tempat publik.

Bahkan pada saat konser musik digelar, sambung dia, penonton yang didominasi kawula muda tersebut mendapatkan suguhan rokok. “Di negera maju hal tersebut menjadi konsentrasi, karena dilihat dari segi kesehatan kandungan yang berada di dalam rokok tersebut dianggap berbahaya bagi tubuh,” jelas dia ketika dijumpai Espos di Solo, Senin (31/5).

Dia mengatakan, tidak hanya peran sekolah yang mampu untuk mempersempit akses pelajar tersebut mengkonsumsi rokok, tetapi masyarakat dan keluarga juga harus mendukung upaya tersebut. Menurutnya, razia rokok yang digelar di sekolah bukan solusi untuk menumbuhkan kesadaran pelajar untuk tidak mengkonsumsinya, namun dengan pendekatan personal dan pengetahuan terhadap pengaruh negatif terhadap zat adiktif rokok dinilai lebih utama.

das

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…