Soloraya
Senin, 31 Mei 2010 - 21:53 WIB

Mahasiswa Unwidha kembangkan pepaya untuk donat

Redaksi Solopos.com  /  Yusmei Sawitri  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Mahasiswa Fakultas Teknologi Hasil Pertanian (THP) Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten mengembangkan buah pepaya sebagai bahan campuran pembuatan kue donat.

Staf Pengajar Fakultas THP Unwidha, Ir Sulardjo MPd mengatakan penggunaan pepaya sebagai bahan campuran dalam pembuatan kue donat itu merupakan hasil eksperimen mahasiswa Fakultas THT sendiri. “Selain mempunyai cita rasa yang tinggi, campuran pepaya pada donat itu juga dimaksudkan untuk mengembangkan komoditas pepaya agar mempunyai nilai jual yang lebih tinggi,” ujar Sulardjo.

Advertisement

Dia menjelaskan, proses pembuatan donat dengan campuran pepaya itu sama dengan proses pembuatan donat pada umumnya. Menurutnya, semua jenis pepaya bisa digunakan sebagai bahan campuran pembuatan donat. Selain pepaya, beberapa bahan lain yang harus disiapkan antara lain tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instan, telur, garam, air dan margarin. “Antara pepaya dan tepung terigu persentasenya 20%0%. Tepung terigu memang lebih banyak karena itu bahan baku utama dalam pembuatan donat,” tandas Sulardjo.

Sulardjo menambahkan, hasil eksperimen mahasiswa itu akan disosialisasikan kepada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pihaknya berharap, ada warga yang bersedia mengembangkan hasil eksperimen tersebut untuk berwiraswasta. “Proses pembuatan relatif mudah. Siapa saja bisa mencobanya, baik itu pengusaha donat atau petani pepaya. Sangat baik juga jika dikembangkan bersama ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di suatu daerah,” tambah Sulardjo.

mkd

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif