News
Senin, 31 Mei 2010 - 17:41 WIB

Israel serang kapal kemanusiaan, Hamas desak PBB gelar sidang darurat

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gaza–Pemimpin kelompok Hamas di Gaza, Ismail Haniya menyebut serangan Israel terhadap konvoi kapal kemanusiaan Freedom Flotilla sebagai “serangan brutal.”

Hiniya mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menggelar sidang darurat guna membahas penyerangan itu.

Advertisement

“Kami meminta sidang darurat untuk Dewan Keamanan PBB, Liga Arab dan Organisasi Konferensi Islam dan kami mendesak Otoritas Palestina untuk menghentikan semua bentuk negosiasi,” kata Haniya seperti diberitakan Al Jazeera, Senin (31/5).

Haniya pun menyerukan rakyat Palestina untuk melakukan mogok massal di Gaza dan Tepi Barat guna menunjukkan solidaritas dan protes atas kekejaman Israel tersebut.

Haniya juga mendesak komunitas internasional, khususnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk bergerak secepat mungkin guna melindungi kapal-kapal tersebut beserta para aktivis yang ikut serta dalam rombongan kemanusiaan itu.

Advertisement

Setidaknya 16 orang tewas dalam penyerangan Israel terhadap kapal Mavi Marmara dan lima kapal lainnya. Serangan itu terjadi di wilayah perairan internasional, sekitar 65 kilometer lepas pantai Gaza. Enam kapal tersebut bermaksud menembus blokade Israel atas Gaza guna mengantarkan barang-barang bantuan untuk rakyat Gaza.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Hamas Desak PBB Israel
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif