Senin, 31 Mei 2010 13:39 WIB Tak Berkategori Share :

Hari lahir Pancasila, ada "ATM Pancasila" di DPR

Jakarta–Sehari menjelang peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2010, DPR menggelar sejumlah kegiatan, Senin (31/5). Salah satunya adalah membuat beberapa “ATM Pancasila” yang masing-masing dijaga dua wanita ayu. Apa itu ATM Pancasila?

Ternyata ATM itu bukan berkaitan dengan urusan uang. Di setiap konter ATM Pancasila ada dua wanita dengan setelan jas dan rok hitam yang siap memandu. Di tempat itu siapa saja diminta mengisi form untuk memberikan masukan implementasi sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Misalnya, saya pernah diperlakukan enggak adil. Ya begitulah intinya, sila-sila Pancasila itu gimana mengamalkannya,” jelas seorang penjaga, Indah.

Di setiap konter terdapat lima boks yang masing-masing bertuliskan bunyi sila pertama sampai kelima dari Pancasila. Seusai memberi masukan, akan mendapatkan kotak kecil bergambar Burung Garuda yang berisi beberapa buah permen yang dibungkusnya ada tulisan “Pancasila”.

Untuk apa masukan-masukan tersebut? “Ah, saya juga enggak tahu. Pokoknya untuk peringatan Hari Pancasila besok,” kata Indah.

Terlihat juga beberapa artis seperti Pangki Suwito dan istrinya, Yati Octavia, yang turut memberikan masukan. MPR dan DPR akan menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila besok dengan mengingat pidato-pidato Presiden RI pertama, Soekarno. Rencananya, acara yang digelar pukul 10.00 besok akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono.

kcm/isw

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…