Senin, 31 Mei 2010 18:23 WIB Internasional Share :

Dunia kutuk keras serangan Israel

Roma – Pemerintah negara-negara Barat mengutuk pembunuhan warga sipil dalam operasi militer Israel terhadap kapal kemanusiaan internasional yang bertujuan ke Gaza.

Sekjen PBB Ban Ki-moon juga mengecam penyerangan Israel itu. Menurut Ban, penting untuk dilakukan investigasi penuh atas insiden maut itu.

Kecaman juga disampaikan pemerintah Italia yang telah meminta Uni Eropa untuk menemukan fakta-fakta seputar penyerangan itu.

“Saya mengutuk sekeras-kerasnya pembunuhan warga sipil tersebut,” tegas Menteri Luar Negeri Italia Franco Frattini seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (31/5/2010).

Dikatakan Frattini, dirinya telah meminta duta besar (dubes) Israel untuk memberikan penjelasan.

Pemerintah Prancis dan Jerman juga mengecam dan menyatakan “kaget” atas peristiwa yang terjadi di perairan internasional, sekitar 65 kilometer lepas pantai Gaza itu.

Buntut penyerangan Israel ini, para dubes Uni Eropa akan menggelar pertemuan untuk membahas kejadian itu. Hingga kini, setidaknya 19 orang dilaporkan tewas dalam penyerangan Israel tersebut.

dtc/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…