Senin, 31 Mei 2010 09:47 WIB News Share :

DPR janji loloskan Pimpinan KPK yang baik

Jakarta–DPR membantah telah menghambat orang baik untuk menjadi pimpinan KPK. Jika panitia seleksi (Pansel)  pimpinan KPK mengusulkan dua orang baik, DPR berjanji akan meloloskan salah satunya menjadi pimpinan KPK.

“Sederhana saja, kalau mau calon pimpinan KPK yang baik, Pansel pilih dua orang baik. Maka DPR wajib memilih seorang dari dua orang baik, dan akan terpilih seorang pimpinan KPK yang baik,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR dari FPAN, Tjatoer Sapto Edi, Senin (31/5).

Tjatoer heran mengapa sejumlah kalangan menuding DPR menghambat orang berpotensi menjadi pimpinan KPK. Menurut Tjatoer, pandangan tersebut tidak beralasan.

“Ada yang bilang orang baik dan bersih takut daftar karena takut tidak dipilih oleh DPR, itu suudzon yang tidak benar,” kecam Tjatoer.

Menurut Tjatoer, DPR hanya berperan dalam tahap finalisasi saja dalam seleksi pimpinan KPK. Fokus seleksi ada di tangan Pansel.

“DPR lebih terkontrol publik dan DPR hanya pilih satu dari dua calon yang diajukan Pansel. Titik krusial dan kritis sebenarnya ada di Pansel, karena Pansel yang memilih banyak bakal calon menjadi hanya dua calon,” jelas Tjatoer.

Tjatoer berharap rakyat mulai mempercayai wakilnya di DPR. “Jangan bangsa ini terus-terusan distrust begini,” tutupnya.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…