Senin, 31 Mei 2010 19:17 WIB Sepak Bola Share :

Didier Drogba, akan memperkuat reputasi

Ketenaran Didier Drogba sebagai striker wahid dunia terbentuk berkat performa gemilang di level klub, ketimbang tim nasional. Musim ini Drogba menegaskan status tersebut dengan menyabet gelar top skor Liga Premier bersama Chelsea.

Penyerang tengah bertenaga kuda itu rupanya belum puas atas capaiannya sejauh ini. Drogba berniat memperkuat reputasinya di kancah sepak bola dunia pada gelaran Piala Dunia 2010 mendatang. Prestasi bergengsi bersama Pantai Gading bakal melengkapi musim gemilangnya setelah merengkuh gelar ganda di level klub, juara Liga Premier dan Piala FA.

Peluang Drogba unjuk gigi dalam balutan seragam nasional berpacu dengan waktu. Usianya sudah menginjak angka 32 dan sulit baginya kembali terlibat di gelaran serupa empat tahun mendatang. Berbekal 43 gol dalam 66 partai internasional, mantan pemain Marseille itu siap mengebrak di Afrika Selatan.

Kariernya bersama The Elephants, julukan Pantai Gading, mengalami pasang surut. Publik masih ingat ketika ia gagal mengeksekusi penalti penentuan dalam adu tos-tosan ketika Pantai Gading kalah di final Piala Afrika 2006 kontra Mesir.

Drogba juga mengalami hari buruk kala rekan setimnya tampil menggebrak di semifinal turnamen Piala Afrika 2008. Padahal laju The Elephants ke babak Empat Besar tak lepas dari peran menawan Drogba.

Drogba sendiri lahir dari keluarga pesepakbola. Pamannya, Michel Goba merumput di Prancis, tempat dimana Drogba tumbuh sejak berusia lima tahun. Sedangkan sepupunya, Olivier Tebily, bermain di Liga Premier dan juga tim nasional Pantai Gading.

Kariernya di kancah profesional berjalan lambat, tetapi peruntungannya berubah cepat ketika ia menyumbangkan banyak gol untuk Le Mans di Ligue 2. Drogba berumur 25 tahun ketika ia mencetak 17 gol bersama Guingamp di kancah Ligue 1, sebelum digaet Marseille dan semusim berselang, tepatnya tahun 2004, hijrah ke Chelsea dengan banderol 24 juta poundsterling.


Data diri Didier Drogba

TTL    : Abidjan, 11 Maret 1978
Tinggi    : 189 cm
Posisi    : Striker
Klub    : Chelsea
Caps    : 66
Gol    : 43

yms

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…