Senin, 31 Mei 2010 12:38 WIB Sepak Bola Share :

Der Panser mulai panas

BUDAPEST— Mesin Der Panser mulai panas, Hungaria pun dihajar 3-0 di kandangnya sendiri. Gelandang Sami Khedira tampil impresif memainkan perannya mengisi posisi yang ditinggalkan Michael Ballack, saat membantu Jerman membenamkan Hungaria pada laga pemanasan Piala Dunia 2010, Minggu (30/5) dini hari WIB.

Penampilan memukau Khedira di laga ini seolah menjadi jawaban atas kegelisahan Tim Panser mengenai pengganti Ballack, yang dipastikan absen di Afrika Selatan 2010. Gelandang berusia 23 tahun ini dinilai menjadi sosok tepat menggantikan sang kapten yang absen karena cedera engkel.

“Sami bermain sangat bagus di paruh pertama. Saya menyukai dia. Dia juga sangat bagus mengorganisir permainan,” ujar pelatih Jerman, Joachim Loew yang menarik Khedira di babak kedua karena mengalami masalah minor pada otot kakinya kepada televisi Jerman ZDF, Minggu.

Meski baru mengantongi empat pertandingan internasional, Khedira memperlihatkan kualitasnya mampu mengorganisasi permainan Der Panzer, julukan Timnas Jerman. Saat ini, pemain Stuttgart tersebut menjadi kandidat utama ditempatkan menjadi partner Bastian Schweinsteiger sebagai gelandang tengah di Afrika Selatan.

“Ini posisi favorit saya dan ketika saya bermain, saya berusaha membantu tim semampu saya,” ujar Khedira mengomentari posisi yang dipercayakan pelatih Joachim Loew.

Kemampuan mengorganisasi serangan diperlihatkan Khedira selama paruh pertama pertandingan. Dia mampu membuka pertahanan Hungaria lewat pergerakannya yang cepat dan serangkaian umpan akurat ke area pertahanan tim tuan rumah.

Lukas Podolski membuka kemenangan Jerman lewat tendangan keras dari titik putih pada menit empat. Mario Gomez menambah keunggulan Die Mannschaft, julukan lain Jerman, lewat tendangan jarak dekatnya di menit 69.

Cacau yang diturunkan dari bangku cadangan menggenapi kemenangan Jerman lewat aksi solonya menjebol jala Hungaria di menit 72. Ini merupakan gol ketiga Cacau dalam dua pertandingan terakhirnya. “Kami memiliki banyak peluang dan secara keseluruhan tim bermain sangat bagus,” ujar Khedira.

Jerman sebenarnya bisa menceploskan lebih dari tiga gol, namun Gabor Kiraly, kiper Hungaria, berkali-kali mampu menyelamatkan gawangnya di paruh pertama pertandingan. Sementara kiper Jerman, Manuel Neur tak banyak bekerja mengingat tak banyak ancaman di areanya.

Pelatih Joachim Loew mengaku puas dengan penampilan yang disuguhkan anak asuhnya saat menghadapi Hungaria. Loew menilai, Sami Khedira tampil baik mengisi posisi yang ditinggalkan Michael Ballack.

“Khedira tampil sangat baik pada babak pertama. Saya menyukainya. Dia juga sangat bagus mengendalikan permainan. Dia menderita keletihan otot, jadi kami menggantinya untuk berjaga-jaga,” jelas Loew dikutip goal.com.

Loew juga mengevaluasi penampilan kiper Manuel Neuer. “Neuer tampil sangat bagus. Dia tak banyak kerepotan, tapi dia bermain baik sepanjang pertandingan,” tukasnya.

Jerman yang bersaing dengan Serbia, Australia dan Ghana di Grup D Piala Dunia, akan memainkan pertandingan pemanasan terakhir mereka menghadapi Bosnia di Frankfurt, 3 Juni mendatang.

JIBI/SOLOPOS/anh/Rtr

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…