Senin, 31 Mei 2010 19:36 WIB Sepak Bola Share :

Cristiano Ronaldo siap bersaing dengan Messi

Spektakuler, perfeksionis, sulit dihentikan, sedikit arogan dan berbandrol termahal. Sosok Cristiano Ronaldo selalu memancing opini melimpah dari publik sepak bola dunia. Kehadirannya di Afrika Selatan (Afsel) bersama Portugal niscaya menyedot perhatian besar penikmat Piala Dunia 2010.

Winger berusia 25 tahun itu hijrah ke Real Madrid dari Manchester United (MU) pada musim panas lalu dengan embel-embel pemecahan rekor transfer dunia. Banderol 80 juta poundsterling memicu kritik pedas, namun dijawab Ronaldo dengan torehan 26 gol untuk Los Blancos, meski akhirnya gagal mengantar klub raksasa Spanyol itu ke tangga juara La Liga.

Sayangnya, tampilan impresif Ronaldo di level klub belum berimbas sempurna ketika ia berbalut kostum Seleccao, julukan Portugal. Alhasil, gelaran Piala Dunia menawarkan peluang emas untuk menjawab keraguan atas perannya di skuat Portugal sekaligus memperketat rivalitasnya dengan bintang Argentina, Lionel Messi.

“Dia (Messi) belum pernah memenangi apapun bersama Argentina dan saya belum memenangi apapun bersama Portugal. Jadi kami harus membuktikan di Piala Dunia bahwa kami adalah pemain terbaik dunia,” kata Ronaldo dalam sesi wawancara dengan harian Inggris, beberapa waktu lalu.

Karier Ronaldo melejit sejak diboyong manajer MU, Sir Alex Ferguson dari Sporting Lisbon pada 2003. Kala itu CR9, begitu ia dijuluki, masih berusia 18 tahun. Selama enam musim di Old Trafford, Ronaldo dengan cepat merebut hati suporter lewat aksi-aksi heroik di lapangan. Berderet trofi MU, termasuk gelar Liga Champions 2008, tak lepas dari peran besarnya. Namun masa emasnya bersama United berakhir tahun lalu, kala ia menerima pinangan Madrid.

Debut Ronaldo bersama Timnas Portugal terjadi pada 2003 dan ia langsung menyumbang sebiji gol. Semenjak itu peranan Ronaldo di Seleccao benar-benar tak tergantikan. Publik Portugal bahkan kerap menganggapnya sebagai dewa.

yms

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…