News
Senin, 31 Mei 2010 - 19:23 WIB

Akun Email, YM dan Facebook wartawan Poskota dibajak

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Jakarta –
Hati-hati bagi pengguna internet. Pembajakan akun Yahoo Messenger dan Facebook semakin marak. Kali ini, wartawati harian Poskota, Dieni Fazahiyah, melaporkan tindakan pembajakan akun Yahoo Messenger, Yahoomail dan Facebook miliknya ke Polda Metro Jaya.

“Akun YM dan Facebook saya ada yang nge-hack,” kata Dieni pada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (31/5/2010).

Advertisement

Dieni menjelaskan, peristiwa pembajakan akun YM dengan identitas (ID) Dieni_pamadi itu terjadi pada Senin (31/5/2010) siang. Saat itu, Dieni sedang berada di rumahnya di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

Namun, tiba-tiba seorang temannya bernama Jen Nugraha meneleponnya. “Dia bilang, Din gue lagi ngobrol sama lo nih di YM,” kata Dieni menirukan Jen.

Advertisement

Namun, tiba-tiba seorang temannya bernama Jen Nugraha meneleponnya. “Dia bilang, Din gue lagi ngobrol sama lo nih di YM,” kata Dieni menirukan Jen.

Dieni pun terkejut dengan pernyataan Jen. Karena Deini yang masih off setelah dirawat di rumah sakit ini merasa tidak sedang melakukan perbincangan lewat YM.

Menurut keterangan temannya kepada Dieni, Dieni palsu meminta agar Jen meminjaminya uang sebesar Rp 2 juta. Dieni palsu beralasan, dirinya tengah mengurus proses perceraian dengan suaminya, Rudi Pamadi.

Advertisement

Jen yang sudah mencurigai Dieni palsu itu terus memancingnya. Dieni palsu kemudian meminta uang tersebut ditransfer ke rekening Bank Mandiri di nomor  1250007718943 atas Nama Esther Yulie Rumambi atau rekening BCA 5770487279 atas nama Tugiman bin Marno.

“(Esther) Itu istrinya yang ngurusin proses perceraian,” kata Dieni palsu.

Jen yang semakin mencurigai hal itu kemudian menelpon Dieni. “Karena teman saya tahu, saya habis keluar rumah sakit. Dia tahu banget saya kayak gimana. Kita nggak pernah ngobrolin masalah uang,” jelasnya.

Advertisement

Selain akun YM, akun Facebook dan akun surat elektroniknya juga di-hack oleh orang tidak dikenal. “Akun saya ada dua. Ada yang akun email pribadi, ada juga yang akun email kantor. Dua-duanya di Yahoo. Dan dua-duanya di hack,” paparnya.

Dieni mengatakan, peristiwa ‘pembajakan’ akunnya itu sendiri pernah terjadi pada Sabtu (29/5). “Setelah itu, bisa lagi dibuka. Saya juga sempat update status di FB yang menerangkan bahwa FB saya sudah kebuka lagi,” katanya.

Namun hari ini, Dieni bahkan tidak bisa mengakses keempat akunnya yang berada di Yahoomail, Facebook dan Yahoo Messenger. Dini juga heran mengapa akunnya bisa dijebol.

Advertisement

“Padahal saya akses Facebook lewat Blackberry. Email kantor buka di kantor. Kalau di rumah, saya buka lewat laptop. Saya nggak pernah ke warnet,” ungkapnya

Atas peristiwa tersebut, Dieni merasa namanya telah dicemarkan. Dalam laporan resmi bernomor LP/1837/V/2010/PMJ/Ditreskrimsus Dini melaporkan dugaan tindak pidana Pasal 30 UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).’

dtc/isw

Advertisement
Kata Kunci : Akun Email Facebook YM
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif