News
Senin, 31 Mei 2010 - 14:50 WIB

11 Dokter tangani Hasan Tiro

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banda Aceh–Sebanyak 11 dokter dan perawat dikerahkan untuk menangani perawatan deklarator Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Hasan Tiro, yang sedang dirawat di ruang ICU Rumah Sakit Umum dokter Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

“Kami mengerahkan tim khusus terdiri atas perawat dan dokter spesialis yang setiap saat memberikan pertolongan dan pemantauan terhadap kesehatan Hasan Tiro. Hingga pukul 11.00 WIB, Senin (31/5), kondisinya belum normal,” kata Direktur RSUZA, Taufik Mahdi di Banda Aceh, Senin (31/5).

Advertisement

Hasan Tiro yang kini berusia sekitar 85 tahun itu dirawat dua pekan lebih di RSUZA Banda Aceh. “Tadi pagi, sempat mengalami kelambatan denyut jantung,” kata Taufik Mahdi.

Deklarator GAM tersebut dirawat akibat adanya kelainan pada darah, atau kanker darah yang ditemukan secara mendadak karena faktor usia. “Karena terjadinya kegagalan pernapasan secara spontan, dan kami telah memasang pernapasan bantu terhadap beliau,” kata Direktur RSUZA Banda Aceh itu.

Ia berharap doa dari masyarakat Aceh terhadap kesembuhan Hasan Tiro, yang sebelumnya pernah bermukim sekitar 30 tahun di luar negeri, dan kembali ke Aceh pasca penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) Pemerintah dengan pihak GAM di Helsinki, 15 Agustus 2005.

Advertisement

MoU Helsinki ditandatangani untuk mengakhiri konflik bersenjata yang terjadi lebih 30 tahun di Aceh, dan mengakibatkan ribuan orang tewas dan juga berdampak trauma kekerasan akibat konflik di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Sementara itu, di RSUZA, tempat deklarator GAM itu dirawat mendapat penjagaan ketat dari pria-pria berseragam hitam-hitam dan diyakini sebagai pengawal Hasan Tiro. Sejumlah pejabat pemerintah dan legislatif (DPRA) juga terlihat menjengguk Hasan Tiro, seperti Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda.

inilah/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif