Minggu, 30 Mei 2010 19:19 WIB Klaten Share :

Suspect AI, Tim dokter RSUP tunggu hasil lab Depkes

Klaten (Espos)--Tim dokter RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten yang menangani pasien suspect Avian Influenza (AI), AM, 13, warga Desa Ngandong, Kecamatan Gantiwarno menunggu hasil lab dari Departemen Kesehatan (Depkes) di Jakarta untuk memastikan kondisi AM. Sebelumnya, sample usap tenggorok AM berdasarkan uji lab Dinkes Provinsi Jateng dinyatakan negatif AI.

Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUP dr Soeradji Tortonegoro, dr Djoko Windoyo SpRM, akhir pekan lalu, mengatakan, menilik dari gejala panas tinggi yang dialami AM, pihaknya juga melakukan tes untuk mengetahui kemungkinan apakah AM menderita tipus atau demam berdarah dengue (DBD). “Sejauh ini hasilnya masih negatif untuk tipus atau DBD. Tapi perkembangannya akan terus kami pantau,” jelasnya di RSUP.

Djoko menambahkan, panas badan AM yang sempat mencapai angka 40 derajat Celsius sudah menurun sehingga mencapai suhu normal 36,5 derakat Celcius. Dia mengatakan, sambil menunggu hasil lab Depkes yang diharapkan selesai Senin (31/5), AM masih dirawat intesif di ruang isolasi. Menurutnya, uji lab usap tenggorok sesuai prosedur harus dilakukan dua tahap supaya terdapat kepastian dalam penanganan pasien.

Dia menuturkan, pihak rumah sakit tak berani berspekulasi dalam menangani AM yang sejak Rabu (26/5) lalu dirujuk ke RSUP. Sebab, sudah ada standard operational procedure (SOP) yang harus ditempuh oleh tim. Dia menambahkan, sepanjang belum ada kepastian hasil lab Depkes, AM tetap diperlakukan sebagai pasien <I>suspect<I> AI dan pemantauan atas perkembangan kondisinya dilakukan dengan ketat.

rei

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…