Minggu, 30 Mei 2010 19:12 WIB Sport Share :

Rio taklukkan Istanbul

Istanbul--Pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto, tampil cemerlang di sprint race seri GP3 Turki, dan berhasil mengantongi gelar di sirkuit Istanbul, Minggu (30/5).

Rio yang meraih pole pada Race 2, berhasil mengambil keuntungan atas pebalap Spanyol dari tim MW Arden, Miki Monras di tikungan pertama. Seperti dilaporkan autosport, Rio pun mulai membuat selisih jarak sebesar 0,8 detik dengan Monras, di beberapa lap awal.

Aksi pembalap berusia 17 tahun itupun semakin tak terkejar. Selisih waktu antara Rio dengan Monras yang berada di posisi kedua, semakin lebar bahkan mencapai 2,2 detik pada akhir lomba.

Dalam situs resmi gp3series, pembalap tim Manor ini mengakui jika mobilnya telah tampil sangat kompetitif. “Pada mulanya, lomba berjalan cukup ketat, namun pada pertengahan lomba, saya tahu mobil saya tercepat. Saya pun terus menekan dan berhasil finis dengan selisih waktu yang baik,” tutur Rio.

Selain itu, posisi pole yang diraihnya pada sesi kualifikasi, Race 1, juga telah menguntungkannya. “Ini adalah pole pertama saya. Saya hanya berusaha tetap tenang dan start dengan baik. Saat lomba, pada tiga lap terakhir saya cukup mudah untuk memacu mobil hingga garis finis.”

Sementara Monras juga meraih posisi runner up tanpa halangan berarti, dan berhasil finish di depan pebalap tim ART, Alexander Rossi. Menurut Monras, satu-satunya kesempatan untuk menang adalah dengan melakukan start yang lebih bagus dibanding Rio.

Sayangnya, meskipun telah melakukan start yang maksimal, dia harus mengakui bahwa start Rio masih lebih bagus. “Kami bersama-sama masuk tikungan pertama, namun dia berada di bagian dalam sehingga sulit untuk disalip. Saya telah berusaha untuk menempel di belakangnya pada lima lap pertama, namun ternyata sangat sulit untuk menyalipnya,” aku Monras.

Monras pun mengakui jika penampilan Rio kemarin sangat kompetitif. “Saya sempat mencoba untuk menekannya, namun dia mampu menjaga ritmenya. Akhirnya, pada lap-lap terakhir saya hanya berusaha untuk menjaga posisi saya dan tak melakukan kesalahan untuk finish kedua.”

Posisi    Pembalap              Tim                        Waktu
1             Rio Haryanto        Manor                 27:08,058 detik
2              Miki Monras         MW Arden       +2,206 detik
3             Alexander Rossi   ART                   +3,981 detik
4             Nico Muller           Jenzer                +5,613 detik
5             Daniel Morad        Status                 +6,378 detik

nap

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…