Jumat, 28 Mei 2010 10:24 WIB Internasional Share :

Vanuatu digoyang gempa 7,4 SR berpotensi tsunami

Washington–Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter (SR) menggoyang Vanuatu di Pasific Selatan, Jumat (28/5) waktu setempat. Menurut Pacific Tsunami Center, gempa tersebut berpotensi tsunami.

United States Geological Survey melansir pusat gempa tersebut berada di 244 kilometer sebelah barat laut Vanuatu dengan kedalaman 36 kilometer. Gempa terjadi pukul 04.14 waktu setempat atau sekitar pukul 00.14 WIB.

Awalnya, USGS melaporkan gempa tersebut berkekuatan 7,6 skala Richter. Menurut Pacific Tsunami Center, gempa tersebut berpotensi tsunami di sebelah selatan Samudera Pasifik.

“Gempa dengan kekuatan seperti ini berpotensi menimbulkan tsunami yang merusak yang bisa menyapu pantai di kawasan dekat pusat gempa dalam hitungan menit sampai jam,” tulis Pacifit Tsunami Center. Akan tetapi, tidak dijelaskan apakah terjadi tsunami.

Vanuatu adalah negara pulau yang terletak di Samudera Pasifik Selatan. Negara ini terletak 1.750 kilometer sebelah timur dari bagian utara Australia.

tempointeraktif/rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…