Soloraya
Jumat, 28 Mei 2010 - 17:41 WIB

Umat Budha diminta kembali pada nilai-nilai spiritual

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ribuan umat Budha melangsungkan penyambutan detik-detik menjelang Waisak 2554 Budhis Era (BE) 2010 di pelataran Candi Sewu, Prambanan, Klaten, Jumat (28/5).

Di bawah pimpinan Biksu Sasanarakhita dari Vihara Sakyavanaram, Bogor, Jawa Barat, ribuan umat Budha melakukan ritual Pradhaksina atau mengelilingi kompleks candi yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 782 M–792 M itu. Satu persatu mereka berjalan beriringan searah jarum jam. Mulut mereka terlihat komat-kamit membaca doa untuk memberikan penghormatan kepada Sang Budha yang telah mencapai titik kesempurnaan.

Advertisement

Pada malam sebelumnya, Kamis (27/5), ribuan umat Budha menggelar ritual pengarakan air suci dari Umbul Jumprit, Temanggung dan api abadi dari Mrapen, Grobogan. Sebelumnya, air suci tersebut disemayamkan di Candi Sari, sementara api abadi disemayamkan di Candi Plaosan.

Pada malam itu juga, dilaksanakan penyalaan lilin pancawarna dengan iringan lagu Malam Suci Waisak. Masing-masing lilin tersebut mempunyai arti yang berbeda. Biru memiliki makna bakti, kuning bermakna kesejahteraan, merah bermakna cinta kasih, putih bermakna kesucian dan oranye bermakna semangat.

Ketua Umum Sangha Agung Indonesia (Sagin), Nyana Suryanadi Mahatera saat ditemui wartawan di sela-sela acara pagi itu mengatakan, peringatan Waisak tahun ini bertema Kesadaran Penuh Waisak Menyadarkan Kembali Pada Nilai-Nilai Spiritual dan Nasionalisme. Dia menilai, saat ini nilai-nilai spiritual dan nasionalisme mulai luntur seiring berjalannya waktu. Untuk itu, pihaknya meminta umat Budha melakukan introspeksi terhadap diri sendiri untuk menemukan kembali nilai-nilai spiritual. “Umat Budha harus menyadari pentingnya mengembalikan jatidiri bangsa yang bermartabat. Peringatan Waisak akan memberikan makna besar, utamanya kepada diri sendiri serta kehidupan sosial, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Advertisement

mkd

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Klaten Waisak
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif