Jumat, 28 Mei 2010 15:55 WIB News Share :

Tangani Al, Kak Seto hubungi Bupati hingga Menkes

Jakarta — Ketua Dewan Pembina Komnas Perlindungan Anak (PA) Seto Mulyadi akan menghubungi pihak terkait untuk menangani Al, bocah 2,5 tahun yang gemar merokok. Pria yang akrab disapa Kak Seto itu berharap pemerintah dapat menyediakan lingkungan baru untuk Al.

“Saya akan menghubungi Bupati, Gubernur dan Menteri Kesehatan, apa yang bisa dilakukan untuk dia,” kata Kak Seto usai bertemu dengan Al di rumahnya di Jalan Taman Cirendeu Permai, Jakarta Selatan, Jumat (28/5).

Kak Seto mengatakan, Komnas PA sudah memiliki pola untuk menghilangkan kebiasaan buruk Al selama ini. Salah satunya dengan mengubah suasana bermain dan tidak mengembalikan Al di lingkungannya terdahulu.

“Sebaiknya dia tidak kembali di lingkungan awal karena dia punya asosiasi terhadap rokok. Itu sebabnya dia akan terus tergantung pada rokok,” kata Kak Seto.

Selama ini, ibu Al, Diana, selalu memberi rokok jika anaknya itu rewel. Jika hal itu terus menerus dilakukan, Al tidak akan bebas dari tembakau.

“Intinya mengubah lingkungan awalnya,” kata pria yang dikenal sebagai tokoh Si Komo ini.

Sebelumnya diberitakan, video Al yang sedang merokok mendunia lewat Youtube. Bocah yang kini berusia 2,5 tahun itu tampak lihai menghisap batang rokok. Beberapa video yang menampilkan Al merokok telah dihapus Youtube. Namun video-video baru terus bermunculan.

Orang tua Al mengaku tidak mengetahui dari mana bocah itu mendapat rokok untuk kali pertama. Yang jelas, Al pertama kali mengenal rokok sejak usia 11 bulan.

dtc/tya

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…