Jumat, 28 Mei 2010 12:29 WIB News Share :

Setiap hari Habibie datangi makam istri

Jakarta–Sejak upacara pemakaman mantan Ibu Negara Ainun Habibie, Selasa lalu, setiap hari mantan Presiden Habibie menyambangi makam istrinya yang terletak di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Kamis kemarin, Habibie datang dengan ditemani anaknya dan sang ponakan, Adrie Soebono. Ia datang sekitar pukul 15.00. Hal yang sama ia lakukan sehari sebelumnya.

Hal itu dibenarkan Bachrudin, salah seorang petugas pemakaman. Namun, ia tidak tahu apakah Habibie akan terus menyambangi makam setiap harinya, hingga hari tertentu. “Tadinya mau saya tanyain, tetapi mereka keburu pulang,” tutur Bachrudin, Jumat (28/5).

Di lokasi makam, petugas pemakaman telah menyiapkan beberapa bangku bagi peziarah. Siapa pun yang berniat memanjatkan doa, mereka tidak harus berjongkok ataupun duduk di tanah. Petugas pemakaman juga menyediakan satu ember air jika peziarah berniat menyiramkannya ke makam. Hal itu disediakan tanpa dipungut bayaran.

Pihak manajemen pemakaman telah memprediksi bahwa banyak peziarah yang akan mengunjungi makam itu. Oleh karena itu, mereka berinisiatif memfasilitasi para peziarah tersebut.

Jumat ini, makam Ainun Habibie mulai dirapikan, gundukan tanah yang berserak pasca-upacara pemakaman kenegaraan mulai disingkirkan. Namun, dua kayu panjang di sisi makam dibiarkan agar peziarah terhindar dari tanah basah.

kompas/rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…