Jumat, 28 Mei 2010 09:08 WIB News Share :

Peringati Waisak, ribuan umat Budha meditasi bersama di Candi Mendut

Magelang— Ribuan umat Buddha dari Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI) memperingati Tri Suci Waisak 2554 BE/2010 di pelataran Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah. Mereka melakukan meditasi bersama pada saat detik-detik Waisak yang jatuh hari ini, Jumat (28/5) tepat pukul 06.07.03 WIB.

Acara puja bakti yang digelar oleh KASI dilakukan di sebelah selatan candi Mandut. Ribuan umat Buddha dari berbagai daerah memadati halaman candi sejak Kamis malam hingga Jumat dinihari menjelang prosesi dimulai. Satu jam sebelum prosesi dimulai tepat pukul 05.00 WIB, umat sudah duduk bersila di atas karpet warna coklat kekuning-kuningan yang telah disediakan panitia.

Umat Buddha kemudian melakukan doa bersama dan pembacaan paritta yang dipimpin oleh seorang biksu. Sedang para biksu lain dari berbagai majelis duduk di atas sebuah panggung kecil. Tepat pukul 06.00 WIB, mereka melakukan meditasi bersama hingga detik-detik Waisak pukul 06.07.03 WIB.

Usai meditasi, para biksu kemudian berkeliling di antaranya umat Buddha untuk memercikkan air suci. Semua peserta menyambutnya dengan menangkupkan kedua telapak tangan di depan dada. Setelah pemberian air berkah, prosesi dilanjutkan dengan pembacaan mantra-mantra dari masing-masing sangha.

Biksu Dhammakaro Thera kepada wartawan seusai prosesi detik-detik Waisak
mengungkapkan doa bersama yang dipanjatkan umat Buddha saat peringatan Tri Suci Waisak tahun ini agar Indonesia diberikan kedamaian dan kebahagian untuk semua umat.

“Tema peringatan tahun ini adalah “Dengan Dharma Membangun Karakter Bangsa” yang mengandung maksud bahwa dharma itu mencakup kebenaran, kejujuran, keadilan, dan kebijaksanaan,” tambahnya.

Menurut dia, usai meditasi detik-detik Waisak, umat Buddha akan mendapatkan air berkah. Sedang prosesi kirab akan dilakukan pada pukul 13.00 WIB dari halaman Candi Mendut menuju Candi Borobudur melewati Candi Pawon hingga pukul 17.00 WIB.

Sementara itu umat Buddha dari Walubi (Perwalian Umat Buddha Indonesia) melakukan acara meditasi detik-detik Waisak 2554 BE dipusatkan di zona II Candi Borobudur. Acara puja bakti akan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB dengan acara penyalaan lilin dan pelepasan lampu lampion ke udara.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…