Jumat, 28 Mei 2010 14:29 WIB Sukoharjo Share :

KPU minta pemberitahuan kampanye tepat waktu

Sukoharjo (Espos)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta pemberitahuan kampanye baik yang terbuka maupun tertutup diberitahukan tepat waktu yaitu paling lambat tiga hari sebelum hari H.

Permintaan itu mengemuka menyusul kebanyakan pemberitahuan kampanye disampaikan kepada KPU satu hari menjelang kampanye digelar. Bahkan terkadang pemberitahuan itu disampaikan ketika hari H.

Sementara itu hingga menjelang akhir masa kampanye semua calon bupati/wakil bupati lebih memilih menggunakan sistem tertutup. Bahkan untuk hari terakhir kampanye yaitu Minggu (30/5) nanti, belum ada satu pun calon bupati/wakil bupati yang menyampaikan pemberitahuan kepada KPU.

Anggota KPU Divisi Kampanye, Muladi menjelaskan, hingga saat ini belum ada satu pun calon bupati/wakil bupati yang menyampaikan pemberitahuan perihal kampanye terbuka. “Sampai hari ini belum ada. Tapi begitu ada pasti akan saya kabari,” jelasnya ketika dijumpai, Kamis (27/5).

Muladi menambahkan, informasi yang diperoleh KPU saat ini untuk pasangan War-To menggelar pertunjukan wayangan di Solo Baru pada Jumat malam. Kemudian pasangan M Toha-Wahyudi menggelar kampanye tertutup di beberapa tempat sedang Titik Suprapti-Sutarto, imbuhnya, belum ada pemberitahuan terbaru sejak Senin (17/5) kecuali memasang tanda gambar hingga Minggu nanti.

“Mengenai kampanye yang kami tahu baru sebatas itu. Sebab sampai saat ini pemberitahuan ya hanya itu. Tidak ada satu pun pemberitahuan yang kaitannya dengan kampanye terbuka,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua KPU, Kuswanto mengatakan, pihaknya kerepotan dalam hal penyampaikan informasi mengenai kampanye. “Kami memang terus terang sulit memberitahukan informasi mengenai kampanye. Sebab, kami selaku KPU juga selalu mendapat informasi terlambat,” ujarnya.

Kuswanto menambahkan, harusnya untuk acara kampanye pihak KPU mendapat pemberitahuan paling lambat tiga hari sebelum pelaksanaan. Sebaliknya yang terjadi saat ini para tim sukses baru memberitahu satu hari menjelang kampanye bahkan terkadang ketika kampanye digelar.

aps

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…