Kamis, 27 Mei 2010 11:53 WIB Internasional Share :

Rusia kirim tim pakar ke Korsel

Moskow–Ketegangan antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) terus meningkat. Pemerintah Rusia pun akan mengirimkan tim pakar ke Korsel.

Tim tersebut akan mempelajari hasil penyelidikan tim multinasional atas tenggelamnya kapal perang Korsel, Cheonan yang diduga akibat serangan torpedo Korut.

“Presiden Rusia, berdasarkan proposal dari pemimpin Republik Korea (Korsel), telah memutuskan untuk mengirimkan ke negeri itu sekelompok pakar Rusia berkualifikasi tinggi untuk mempelajari secara detail hasil-hasil investigasi dan bukti yang dikumpulkan,” demikian pernyataan Kremlin seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (27/5).

Diimbuhkan Kremlin, Presiden Dmitry Medvedev menganggap sangat penting untuk menemukan alasan tepat atas tenggelamnya kapal dan mengungkapkan dengan akurat siapa yang bertanggung jawab atas kejadian itu.

“Setelah itu dilakukan, langkah-langkah yang dinilai perlu oleh komunitas internasional harus diambil,” demikian pernyataan Kremlin. Presiden Medvedev juga kembali menyerukan semua pihak untuk menahan diri guna mencegah meningkatnya ketegangan.

Menurut hasil tim investigasi multinasional pekan lalu, kapal selam Korut telah menembakkan torpedo ke kapal Cheonan pada 26 Maret lalu. Akibatnya, kapal perang Korsel itu terbelah dua dan tenggelam. Sebanyak 46 pelaut Korsel tewas dalam peristiwa itu.

Pemerintah Korut berang dengan tudingan itu. Korut membantah telah menyerang Cheonan. Korut bahkan menuding Korsel telah merekayasa bukti untuk memancing perang. Negeri komunis itu pun memutuskan untuk membekukan hubungan dengan Korsel dan membatalkan perjanjian non-agresi dengan Korsel.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…