Kamis, 27 Mei 2010 11:12 WIB Sepak Bola Share :

Laga ujicoba PD, Belanda tundukkan Meksiko 2-1

Freiburg–Belanda menundukkan Meksiko 2-1 dalam laga persiapan menuju Piala Dunia. Seluruh gol kemenangan De Oranje dibukukan oleh Robin van Persie.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Badenova, Freiburg, Jerman, Kamis (27/5) dinihari WIB ini, Belanda menurunkan Dirk Kuyt, Robin van Persie dan Rafael Van der Vaart.

Pelatih Bert van Marwijk tidak menyertakan pemain yagng akhir pekan kemarin tampil di final Liga Champions, Wesley Sneijder, Mark van Bommel dan Arjen Robben.

Kemenangan ini sekaligus menjadi yang pertama setelah dalam tiga partai persahabatan terakhirnya tim “Negeri Kincir Angin” selalu meraih hasil kacamata yakni melawan Australia, Italia dan Paraguay.

Belanda langsung menggebrak sejak laga dibuka. Dimotori oleh Kuyt-Van Persie dan didukung oleh Van der Vaart dan Ibrahim Afellay dari lini tengah, berkali-kali menghadirkan tekanan ke pertahanan anak buah Javier Aguierre.

Tim Oranje membuka skor di menit ke-17 melalui kaki Robin van Persie. Menerima umpan dari Rafael Van der Vaart dari sayap kiri, Van Persie kemudian berlari mengejar bola ke kotak penalti.

Bola yang coba dikejar kiper Meksiko Guillermo Ochoa sempat memantul di tanah dan selanjutnya disambut oleh tendangan striker Arsenal itu guna merobek gawang tim Sombrero.

Sepuluh menit menuju jeda, umpan terukur Cuahtemoc Blanco ke kotak penalti gagal dimanfaatkan oleh Alberto Medina. Bola bisa diamankan oleh kiper Maarten Stekelenburg.

Van Persie membukukan gol keduanya empat menit menuju turun minum. Berawal dari umpan Afellay dari sisi kanan, bola langsung mengarah ke Van Persie yang tidak mendapatkan kawalan berarti. Selanjutnya pemain bernomor punggung sembilan itu melepaskan tembakan yang bersarang di sudut kiri bawah gawang Meksiko.

Dua menit selepas restart, Kuyt memiliki peluang untuk membawa Oranje makin menjauh. Tapi tendangan pemain Liverpool itu masih tipis di samping gawang El Tri–julukan Meksiko.

Menit ke-57, Stekelenburg beraksi untuk mematahkan tendangan dari luar kotak penalti yang dilepas Pablo Edson Barrera.

Setelahnya Meksiko lebih sering melancarkan tekanan ke arah pertahanan Belanda yang digalang Johnny Heitinga dkk.

Upaya El Tri berbuah hasil di menit ke-74. Umpan silang Jorge Torres dari sayap kiri berhasil ditanduk oleh Javier Hernandez untuk merobek gawang Belanda. Gol itu membuat pasukan Aguierre makin bersemangat. Selanjutnya tendangan keras Giovanni dos Santos memaksa Stakelenberg beraksi menyelamatkan gawangnya.

Setelah laga ini, Belanda dijadwalkan melakukan ujicoba melawan Ghana dan Hongaria. Sementara itu Meksiko menjajal Gambia dan Italia.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…