Kamis, 27 Mei 2010 13:20 WIB Hukum Share :

KPK tetapkan pejabat Kemenkes sebagai tersangka

Jakarta–KPK menetapkan pejabat Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Edi Suranto sebagai tersangka terkait dugaan korupsi pengadaan alat rontgen portable pada 2007 silam yang merugikan keuangan negara sebesar Rp9,48 miliar.

“Dalam pengembangan penyidikan (kasus korupsi) alat kesehatan pada 2007 alat rontgen untuk pelayanan puskesmas di daerah terpencil kita tetapkan ES sebagai tersangka,” sebut Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/5).

Edi yang saat kejadian masih menjabat sebagai Direktur Bina Kesehatan Komunitas Kementrian Kesehatan (Kemenkes), lanjut Johan, dikenakan pasal 3 UU No 31 tahun 199 yang telah diubah menjadi UU No 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Sementara pada 2008, Edi tercatat sebagai Sesditjen Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kemenkes.

Dalam kasus tersebut, KPK sebelumnya sudah menetapkan tersangka, yaitu Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran Sekjen Kemenkes Madiono yang sudah divonis dua tahun penjara dan rekanan yaitu Budiarto Maliang, Direktur PT Kimia Farma Trading Departmen (KFTD) yang saat ini masih dalam persidangan

Dalam proses itu, Madiono berusaha agar PT KFTD sebagai penyedia barang. Meski usulan Madiono ditolak panitia namun ia tetap bersikukuh.

inilah/rif

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…