Kamis, 27 Mei 2010 17:38 WIB News Share :

Aksi tolak kenaikan SPP berujung bentrok

Medan–Aksi unjukrasa seratusan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) di depan gedung rektorat, Kamis (27/5) sore berakhir bentrok.

Dalam peristiwa itu, seorang satpam kampus mengalami luka akibat pecahan kaca, sedang belasan mahasiswa mengalami luka memar akibat terkena pentungan satpam.

Bentrokan terjadi setelah seratusan mahasiswa dari berbagai fakultas kesal karena pihak rektorat USU tidak bersedia menemui para mahasiswa yang telah berunjukrasa sekitar dua jam lamanya. Tidak mendapat tanggapan, mahasiswa kemudian mendesak masuk ke dalam gedung rektorat. Aksi saling dorong terjadi hingga mengakibatkan kaca pintu utama gedung rektorat pecah.

Satpam menjadi marah setelah mengetahui salah seorang rekannya terluka akibat terkena serpihan kaca. Dengan membabi-buta satpam mengejar dan menggebuki mahasiswa menggunkan pentungan rotan. Akibatnya belasan mahasiswa mengalami luka memar.

Tidak terima dengan arogansi satpam, mahasiswa dari halaman luar langsung menghujani gedung rektorat dangan lemparan batu. Kordinator aksi, Ari mengatakan, aksi mahasiswa hanya meminta penjelasan pihak rektorat yang menaikkan uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sampai 100 persen untuk mahasiswa baru yang efektif berlaku pada ajaran mendatang.

“Kami kecewa dengan pihak rektor yang tak mau menjelaskan alasan menaikkan uang kuliah sampai seratus persen. Saat ingin bertemu, satpam kampus arogan dan menendang mahasiswa. Kami langsung melawan dan mendesak masuk,” kata Ari.

Sementara Kepala Satpam USU, Wara Sinuhaji mengatakan, kenaikan SPP telah diputuskan melalui Surat Keputusan (SK)Rektor USU sebelumnya, Chairudin P Lubis. “Sudah ada SK yang menjelaskan kenaikan uang kuliah dari rektor sebelumnya. Kalau mahasiswa aksi damai, pihak rektor tentu akan mau bertemu,” kata Sinuhaji.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…