Rabu, 26 Mei 2010 11:37 WIB Karanganyar Share :

Warga ancam tutup paksa penampungan limbah Soko

Karanganyar (Espos)–Warga Dukuh Soko Desa Sukosari, Jumantono, mengancam menutup paksa tempat penampungan limbah di lingkungan setempat. Peringatan mereka agar lokasi tersebut dibersihkan sesegera mungkin tidak digubris pemilik lahan.

Kepala Desa (Kades) Sukosari, Ramelan, menyatakan warga sudah hilang kesabaran terkait persoalan itu. Selain tidak menanggapi panggilan pemerintah desa (Pemdes) yang dilayangkan tiga kali, pemilik lahan yang diketahui sebagai warga Dukuh Trani Desa Genengsari, Polokaro, Sukoharjo, juga mengabaikan panggilan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Karanganyar.

“Apa memang merasa sudah kebal hukum? Kok sepertinya menyepelekan sekali masalah ini. Sekarang warga sudah sangat jengkel, jangan salahkan jika nanti ada upaya penutupan paksa tempat penampungan limbah itu karena sangat mengganggu penduduk di sekitarnya,” ungkapnya ditemui Espos saat memeriksa lokasi limbah untuk kesekian kalinya, Rabu (26/5).

Ramelan menegaskan, penutupan tempat limbah di Dukuh Soko sangat mendesak dilakukan. Terlebih ada beberapa warga yang dalam waktu dekat akan menggelar hajatan, salah satunya tinggal persis berdampingan dengan lokasi penampungan bahan buangan itu. Pihaknya berharap Pemkab memberi perhatian serius kepada persoalan yang dikeluhkan masyarakat di desanya.

Pantauan Espos, meski timbunan limbah padat sudah dipindahkan seluruhnya, limbah cair yang menjadi sumber utama bau menyengat dan gangguan lingkungan di Dukuh Soko justru didiamkan.

Pemilik lahan hanya memasang payung terpal di atas bak-bak penampungan sisa material yang digunakan untuk pembuatan pupuk cair dan tidak berupaya membersihkannya.

try?

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kids Zaman Now Membaca Media Cetak?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (12/2/2018) dan Harian Bisnis Indonesia edisi Sabtu (10/2/2018). Esai ini karya Lahyanto Nadie, pengampu Manajemen Media Massa di Kwik Kian Gie School of Business dan pengurus Yayasan Lembaga Pers dr. Soetomo Jakarta. Solopos.com,…