Rabu, 26 Mei 2010 13:31 WIB Ekonomi Share :

Google rugikan dunia bisnis US$120 Juta

Jakarta-– Pada hari ulang tahun Pac-Man, Google mengubah logo di situs pencari mereka menjadi game Pac-Man yang bisa dimainkan oleh pengunjung. Tetapi ternyata, langkah Google tersebut berimbas besar bagi dunia usaha.

Menurut penelitian RescueTime, meski doodle Pac-Man tersebut hanya ditayangkan selama 48 jam oleh Google, akan tetapi secara total game tersebut berhasil menyita waktu 4.819.352 jam pengguna internet di seluruh dunia.

Seperti dikutip dari T3, Rabu 26 Mei 2010, upaya itu justru menghambur-hamburan waktu yang luar biasa. Jika dihitung secara matematik, langkah yang diambil Google tersebut telah merugikan ekonomi dunia senilai US$120 juta akibat waktu yang terbuang.

Angka yang dilansir RescueTime juga menyebutkan, jika rata-rata gaji pengguna Google sama dengan rata-rata gaji karyawan Google pada umumnya, kerugian ekonomi global akan mencapai sekitar US$300 juta.

Meski demikian, Google tidak peduli. Raksasa mesin pencari tersebut menyebutkan bahwa mereka akan tetap menggunakan doodle Pac-Man sebagai fitur permanen situs mereka.

Sedikit kabar gembira bagi pemilik perusahaan, doodle Pac-Man tersebut tidak akan muncul di halaman utama seperti saat ulang tahun game itu pada 22 Mei 2010. Kini pengguna yang ingin bermain Pac-Man bisa mengunjungi alamat berikut.

vivanews/isw

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…