Rabu, 26 Mei 2010 14:55 WIB News Share :

Delapan warga Lumajang berumur di atas 120 tahun

Lumajang–Petugas Sensus Penduduk 2010 menemukan delapan warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berumur diatas 120 tahun. Tujuh di antaranya adalah warga Kecamatan Pronojiwo, dan satu orang dari Kecamatan Jatiroto.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Lumajang, di antara delapan warga dengan usia tertua adalah Karim, 139. Kemudian Warinten,133,  Jaswadi dan Warimun,130,  serta Dahlan,120. Mereka tinggal di Desa Taman Ayu dan Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo.

Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Lumajang Sapto Wintardi seperti dilansir Tempointeraktif, Rabu (26/5) mengatakan, usia mereka didasarkan sejumlah peristiwa yang terjadi pada saat kelahiran mereka. Hal itu mereka jelaskan kepada petugas pencacah yang melakukan pendataan.

“Di antara peristiwa itu adalah saat Yuliana diangkat menjadi ratu pada tahun 1898. Pada saat itu, beberapa warga tertua itu mengaku sudah memiliki satu anak,” kata Sapto. Mereka juga peristiwa pemboman jembatan di Pronojiwo oleh Belanda pada tahun 1937.

Diakui Sapto, ada di antara mereka yang tidak mengetahui umurnya ketika ditanya petugas pencacah. Kemudian kepada mereka diceritakan sejumlah peristiwa sejarah sebagai patokan. Ternyata mereka mengetahui riwayat pemerintahan Belanda. Kebanyakan di antara mereka mengaku sudah lahir bahkan telah memiliki anak.

tiw

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…