Rabu, 26 Mei 2010 11:26 WIB Internasional Share :

AS dan Jepang bersatu dukung Korsel

Washington–Amerika Serikat dan Jepang menjanjikan dukungan terpadu untuk Korea Selatan (Korsel) di tengah meningkatnya ketegangan dengan Korea Utara (Korut).

Menteri Pertahanan AS, Robert Gates dan Menteri Pertahanan Jepang, Toshimi Kitazawa menjanjikan dukungan terpadu untuk Korsel dalam pertemuan mereka di Washington. Kedua pejabat itu berencana bertemu dengan rekan sejawat Singapura mereka pada konferensi di Singapura, Juni mendatang.

Demikian disampaikan juru bicara Pentagon Geoff Morrell seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (26/5). “Menteri Gates berterima kasih pada Menteri Kitazawa atas respons tegas pemerintah Jepang pada aksi provokasi terbaru Korut,” demikian disampaikan Morrel dalam pernyataannya.

Hubungan Korsel dan Korut memanas setelah pekan lalu tim investigasi multinasional menyebutkan serangan torpedo Korut merupakan penyebab tenggelamnya kapal perang Korsel, Cheonan pada Maret lalu. Sebanyak 46 pelaut Korsel tewas dalam peristiwa itu. Namun pemerintah Korut membantah keras tudingan tim internasional tersebut.

Korut bahkan menyebut tudingan itu sama dengan deklarasi perang. Buntutnya, Korut pun memutuskan hubungan dengan Korsel dan membatalkan perjanjian non-agresi dengan negeri Ginseng itu.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…