Soloraya
Rabu, 26 Mei 2010 - 15:08 WIB

Dua tim kesenian berangkat ke luar negeri

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Tim kesenian dari Kabupaten Wonogiri kembali akan berangkat untuk menjalankan misi kesenian di luar negeri. Tak tanggung-tanggung dua tim dipersiapkan untuk mentas di dua negara sekaligus, yaitu Perancis dan China.

Dua tim tersebut, di bawah arahan Bupati Wonogiri H Begug Poernomosidi, Rabu (26/5) kemarin mengadakan persiapan final sekaligus berpamitan. Tim pertama beranggotakan tujuh seniman wayang dengan dalang Widodo Wilis Prabowo, SSn, akan berangkat ke Perancis, awal Juni 2010 ini. Mereka diundang oleh Kedutaan Besar (Kedubes) RI di Perancis untuk mengadakan pementasan selama tiga pekan hingga satu bulan di negara yang terkenal dengan Museum Louvre itu.

Advertisement

Sedangkan tim kedua, terdiri atas 20 penari Reog Ponorogo, akan berangkat untuk mengadakan pentas budaya di World Expo 2010 di Shanghai, China mulai 23 Juli hingga 9 Agustus 2010. Keberangkatan tim kedua ini adalah atas penunjukan dari Kementerian Perdagangan RI yang memilih Jateng untuk menjadi wakil di acara itu, kemudian Jateng memilih Wonogiri untuk menampilkan Reog Ponorogo.

Dalam sambutannya pada acara pamitan kemarin, Begug memastikan keberangkatan kedua tim itu sama sekali tidak menggunakan uang APBD Kabupaten Wonogiri. Tim ke Perancis misalnya, seluruh biaya perjalanan, akomodasi dan uang saku seniman ditanggung oleh KBRI. Sedangkan tim kesenian yang berangkat ke China dibiayai dari pemerintah pusat dan Provinsi Jateng.

shs?

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif