Selasa, 25 Mei 2010 15:54 WIB Ekonomi Share :

Jateng siap hadapi AIFTA


Solo (Espos)–
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng optimis Jateng bisa bersaing menghadapi perdagangan bebas ASEAN-India Free Trade Area (AIFTA). Kadin pun meminta, pengusaha dari semua sektor usaha harus siap menghadapi pasar bebas tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Kadin Jateng, Soleh Edi, saat ditemui Espos di rumah dinas Walikota Solo, Selasa (25/5). Ia menyampaikan, bentuk perdagangan global apapun sudah tidak bisa dihindari. Pengusaha tidak perlu lagi menyampaikan ketakutannya dengan perdagangan bebas. Karena, saat ini setelah ACFTA berjalan hampir lima bulan, industri di Jateng masih survive.“Yang perlu, adalah mengidentifikasi produk <I>head to head<I>, apa saja produk yang bersaing langsung dengan produk dalam negeri, kemudian benefitnya bagi Indonesia sejauh apa?” jelas Soleh.

Ia pun mengatakan, India adalah salah satu negara yang memiliki perkembangan teknologi yang cukup bagus. Terutama produk IT. Karakter masyarakatnya pun hampir sama dengan masyarakat Indonesia.

haw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…