Selasa, 25 Mei 2010 10:13 WIB News Share :

Anas restui Ani Yudhoyono jadi calon presiden 2014

Jakarta–Ketua Umum Partai Demokrat periode 2010 – 2015 Anas Urbaningrum memberi isyarat, bahwa Ibu Negara Ani Yudhoyono memenuhi syarat maju menjadi calon presiden 2014.

“Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) menegaskan tidak mempersiapkan ibu negara untuk jadi (calon presiden) 2014. Tapi kami juga ingin mengatakan aspirasi itu tetap hidup. Saya tidak ingin menutup kemungkinan itu,” kata Anas dalam wawancara khusus dengan Tempo di Hotel Geulis, Bandung, Selasa (25/5).

Menurutnya, isu tersebut akan dibahas di Majelis Tinggi. Apakah dari kader Partai Demokrat atau nonpartai, lanjut Anas, baru relevan dibahas diawal 2013. Sementara mengenai target Partai Demokrat pada 2014, Anas mengatakan, akan mengejar target 30 persen kemenangan.

“Kongres sudah menetapkan rekomenasi politik. Tugas kami melaksanakan rekomendasi tersebut,” ungkap Anas. Dia mengaku percaya tren Partai Demokrat sedang menanjak. “Kalau kami bisa menjaga momentum itu, maka kami mencapainya.”

Sehubungan dengan Majelis Tinggi Partai Demokrat, yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Amir Syamsuddin mengatakan salah satu wewenang yang dimiliki majelis adalah membatalkan pleno dewan pimpinan pusat partai.

Hal itu, menurut pengamat politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit, tak beda dengan era orde baru. “Yudhoyono sama seperti Soeharto, yang menjadi pucuk pimpinan Golkar zaman Orde baru,” kata Arbi.

Alasannya, kewenangan yang dipegang majelis tinggi, dengan Yudhoyono sebagai ketuanya, kelewat besar. “Sembilan orang menentukan kebijakan partai, dari memilih calon presiden, calon partai koalisi, calon gubernur sampai calon legislatif.”

tempointeraktif/rif

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…