Selasa, 25 Mei 2010 18:45 WIB Internasional Share :

115 Orang tewas akibat banjir di China


China–
Sekitar 115 orang dilaporkan tewas akibat bencana banjir yang menerjang China Selatan. Arus yang sangat deras pada luapan banjir itu disebabkan badai yang terus menerpa wilayah itu. Hingga kini 21 orang dilaporkan hilang.

Seperti dilaporkan Associated Press, Selasa 25 Mei 2010, sekitar 685.000 penduduk dievakuasi dari China Selatan. Daerah terparah akibat bencana banjir ini adalah Yunnan, Guizhou, wilayah Guangxi.

Situs resmi Kementerian Luar Negeri China menyebut perkiraan kerugian mencapai US$2 miliar lebih. Tetapi, kondisi itu bisa menjadi lebih buruk lagi.

Banjir menerjang sekitar 13 provinsi. Daerah yang terkena banjir antara lain Guangdong, Sichuan, dan Zhejiang. Dipredikisi, sekitar 80.000 ribu unit rumah dan 10.000 orang terkena dampak bencana ini.

“Hujan sangat lebat. Tapi saat ini sudah mulai reda,” kata Chen, pejabat berwenang dari Badan Cuaca setempat.

Musim hujan yang langsung menimbulkan korban jiwa ini sebenarnya baru dimulai setelah musim kering yang panjang.

Akibat kekeringan itu dilaporkan sekitar 12 juta hektare lahan pertanian menjadi tandus tahun lalu. Wilayah Yunnan itu termasuk daerah yang terparah mengalami bencana kekeringan.

vivanews/isw

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…