Senin, 24 Mei 2010 19:55 WIB News Share :

Meski dlindungi LPSK, status tersangka Susno tak hilang

Jakarta–Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LSPK) sudah menyatakan akan melindungi Komjen Pol Susno Duadji. Namun status tersangka Susno dalam kasus PT Salmah Arowana Lestari (SAL) tidak serta merta hilang.

“Tidak berarti menganulir status Susno sebagai tersangka dalam kasus yang sama (PT Salmah Arowana Lestari),” kata Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai saat jumpa pers di Gedung Proklamasi, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (24/5).

Dalam rapat internal, LPSK memutuskan Susno terlibat dalam 4 kasus. Yang pertama adalah kasus pencucian uang, pencemaran nama baik, pelanggaran kode etik, dan kasus di PT Salmah.

Di dalam kasus PT Salmah, Susno akan mendapatkan jaminan perlindungan fisik, hukum serta hak-hak prosedural saksi. LPSK menilai, posisi Susno dalam kasus ini sebagai saksi, tersangka dan whistle blower.

“LPSK akan memberikan pertimbangan lewat jaksa agar mempertimbangkan hukuman meringankan,” tegasnya.

Untuk kasus pelanggaran kode etik, LPSK tidak bisa berbuat apa-apa. “Itu wewenang polri, LPSK tidak bisa intervensi,” tandasnya.

dtc/tya

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…